Oleh: bpt situbondo | 12 Oktober 2008

ALAT PENGUPAS BIJI JAMBU METE


I PENDAHULUAN

Hasil utama tanaman jambu mente adalah gelondong mente yang didalamnya terdapat biji mente. Hasil ikutannya adalah kulit biji gelondong mente yang mengandung cairan kulit biji mente atau Cashew Nut Shell Liquid (CNSL). Disamping itu jambu mente juga menghasilkan buah yang sampai saat ini belum dimanfaatkan secara maksimal.

Biji mente digunakan sebagai bahan makanan kecil, bahan pelengkap kue dll. Sedangkan CNSL digunakan sebagai bahan polimer/pelumas, pelapis rem/kopling atau bahan pencampur dalam berbagai industri karena memiliki sifat tahan gesekan. Biji mente atau yang biasa disebut Kacang Mente sangat sulit dikeluarkan dari dalam kulit gelondongnya. Selain karena sifat kulit gelondong yang keras, bentuk biji mente yang tidak beraturan serta adanya cairan CNSL yang bersifat korosif yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

sehubungan dengan hal tersebut, diperlukan suatu alatpengupas yang sesuai dengan kondisi, bentuk serta sifat kulit biji mente agar diperoleh biji mente yang utuh serta berkualitas baik selain dapat meningkatkan kapasitas produksi.

II PENGERTIAN DAN MEKANISME KERJA

Mengupas kulit biji mente adalah usaha untuk memisahkan kulit biji mente dengan biji mentenya dengan menggunakan alat sederhana yang disebut ‘Kacip Ceklok’. Alat ini adalah pengupas biji mente yang merupakan suatu parang atau pisau panjang (besar) yang ujungnya dilekatkan pada suatu balok kayu tebal dan pada ujung yang lain/gagangnya bebas. Panjang ‘kacip ceklok’ ini kira-kira 30 cm. Pada bagian tengah pisau kacip ini terdapat suatu mata pisau yang cekung yang bentuknya seperti huruf ‘M’ sesuai dengan bentuk alami gelondong biji mente sehingga mata pisau ini hanya membelah kulitnya saja tanpa merusak keutuhan biji mente yang ada di dalamnya.

Mekanisme kerjanya adalah sebagai berikut ; gelondong mente diletakkan di atas landasan cekung. Bagian punggung biji mente berada di bagian bawah dan bagian perut di bagian atas. Kemudian pisau kacip diturunkan dan ditekan sedemikian rupa sehingga memecah/mengiris gelondong biji mente, selanjutnya pisau ditekan ke arah samping. Selanjutnya biji mente itu dicukil dengan alat pencukil yang berupa pisau kecil atau sejenisnya.

III MANFAAT DAN KEUNTUNGAN ‘KACIP CEKLOK’

Beberapa manfaat dan keuntungan alat pengupas biji mente dengan ‘kacip ceklok’

1. Hemat tenaga dan waktu

2. Hasil kupasan (biji mente) tidak terpecah

3. Biaya pembuatan cukup murah dan dapat dibuat sendiri

4. Tidak banyak memerlukan perawatan

IV CARA PEMBUATAN

Peralatan yang digunakan ;

Peralatan yang digunakan antara lain adalah ;

1. Gergaji besi dan gergaji kayu

2. Tatah Kayu, Palu, Obeng, tanggem/ragum/catem,engkol dan mata bor (diameter 5 dan 9 mm)

3. Kikir, gerinda, ampelas, meteran, penggaris dan pensil

Bahan yang digunakan ;

Bahan yang diperlukan untuk sebuah kacip ceklok adalah sebagai berikut ;

1. Balok kayu ukuran 70 x 50 mm panjang 60 cm

2. Balok kayu ukuran 100 x 100 mm panjang 32 cm

3. Plat besi tebal 1,8 mm berukuran 25 x 90 mm

4. Kayu ukuran 20 x 25 mm panjang 90 mm

5. Sebuah parang atau pisau besar

6. Baut dan mur kupu – kupu

7. Stripplat 25 x 5 mm panjang 115 mm

8. Per/pegas

9. Sekrup 4 cm jumlah 6 buah

10. Pipa diameter 3/8 inch (tidak harus dipakai)

11. Paku 8 cm secukupnya

  1. Tahapan Pembuatan

Pada dasarnya, membuat alat ini adalah memotong bagian – bagiannya sesuai dengan gambar dan ukuran. Tahapan pengerjaannya adalah sebagai berikut ;

1. Pembuatan kaki/landasan

Siapkan balok kayu ukuran 50 x 70 mm. Kemudian digergaji menjadi 2 potong yang masing-masing panjangnya 30 cm

2. Pembuatan bodi

Balok kayu 100 x 100 mm dipotong sepanjang 32 cm, bagian atas dibuat alur dengan menggunakan tatah kayu. Di bagian bawah balok dibuatkan lubang pasak untuk menempatkan balok kakinya. Selanjutnya ketiga balok yang telah siap tadi dirakit kaki dan bodinya.

3. Pembuatan plat penahan

Plat besi 1,8 mm dipotong dengan ukuran 90 x 15 mm. Pada bagian tengah sisinya dibuat cekungan mirip bentuk punggung gelonding biji mente. Kemudian buatlah 3 lubang sebesar garis tengah sekrup atau paku yang akan dipakai perakitan.

4. Pembuatan balok penahan

Bagian ini hanya berupa balok kayu ukuran 20 x 25 mm sepanjang 90 mm yang berfungsi untuk mencegah agar mente tidak melesat turun atau miring ke samping saat pisau ditekan.

Setelah kedua penahan ini siap maka dirakitkan ke bodi pengupas. Untuk plat besinya dipasang 1 mm lebih tinggi dari permukaan balok. Sedangkan papan penahannya dipasang agak ke atas dengan jarak sekitar 1,5 cm dari sisi depan

5. As pisau

Bagian ini adalah pelengkap dari pisau pengupas, berfungsi sebagai as gerakan pisau. Terdiri dari baut 3/8 inchi, potongan pipa berdiameter 3/8 inchi, per kecil (tidak harus dipakai) dan mur kupu – kupu

6. Pisau pengupas

Pisau ini dapat dibuat dari parang atau bendo bekas, yang penting di bagian tengahnya dibentuk semirip betul dengan bentuk mente, dan hanya bagian ini saja yang perlu ditajamkan. Dengan bentuk seperti ini biji mente menjadi tidak ikut teriris.

7. Penyangga pisau

Berupa potongan plat besi setebal 5 mm, lebar 25 mm sepanjang 14 cm. Sekitar 1,5 cm dari ujungnya di bor dengan diameter 9 mm untuk menempatkan as pisau. Selain itu dibuat lubang sekrupnya.

Setelah as dan penyangga pisau selesai, digabungkan dengan mengelasnya. Masukkan potongan pipa, menyusul pisau, per dan yang terakhir mur kupu – kupunya. Dengan menyetel mur tersebut, dapat diperolehtekanan per pada pisau yang tepat, sehingga tidak terlalu seret kalau pisau kita gerakkan atau terlalu kendor

B CARA KERJA

1. Biji mente yang akan dikupas diletakkan pada alur yang tersedia

2. Pisau kemudian diturunkan sehingga mengiris kulit biji mente. Lalu pisau digerakkan ke kiri. Akibat ‘congkelan’ ini kulit akan terbuka dan mente tinggal disungkit. Karena getahnya membahayakan kulit, tangan pekerja dapat dibubuhi dengan bubukan kapur atau menggunakan sarung tangan plastik

PENGUPAS METE MODEL BPT SITUBONDO

Pada dasarnya pengupas model ini sama dengan pengupas yang telah diuraikan di atas, perbedaannya hanya pada bentuk, pisau pengupas dan pemegang as pisau. Model ini lebih sederhana, karena tampa pengerjaan las.

Landasan pengupas dibuat dari balok kayu ukuran 7 x 9 cm, yang ditopang dua balok kayu ukuran 3 x 5 cm sepanjang 25 cm. Keduanya berfungsi sebagai kaki landasan. Bagian atas dibuat alur untuk menempatkan mente yang akan dikupas.

Pisau pengupas dibuat dari parang bekas sepanjang 30 cm. Salah satu bagian ujungnya dilubangi untuk memasukkan di poros as-nya, sedang yang satunya dipasang (kayu) pegangan. Sebagai penahan mente, di bagian bawah dipasang plat penahan. Plat penahan ini dibuat dari plat besi setebal 2 mm atau bekas potongan parang bekas dan berukuran sekitar 3,5 x 6 cm, Bagian atas plat penahan ini sedikit dipertajam. Pisau pengupas Mente dan plat besi penahan model BPT Situbondo tidak dibentuk menyerupai mente. Plat penahan ini dilubangi untuk lubang paku sebanyak 3 buah.

Untuk memegang as pisau digunakan dua plat besi penyangga. Masing – masing plat ini dilubangi untuk as dan tiga lubang paku

pengupas-mente-di-bpt-situbondo1

Setelah semua bagian siap kita tinggal merakitnya, kami rasa anda tidak akan kesulitan dalam menyatukan bagian perbagian alat pengupas model ini. Yang penting posisi pisau jika diturunkan harus tepat menangkup plat penahan. Demikian selamat mencoba !

About these ads

Responses

  1. Saya sangat berterima kasih informasi tentang jambu mente,
    Ada bantuan yang mungkin bisa saya dapatkan dari situs bptsitubondo antara lain :

    1. Apakah saya bisa di kirimkan alat pemotong jambu mente

    2. Saya dengar buah jambu mente bisa dijadikan minuman anggur segar yang bisa tahan lama bagainmana cara

    • JIKA BPK MAU SY BS KIRIMKAN

      • ATAU HUB NO HP 087863211785

  2. 1. Mohon maaf, alat pengupas biji mente tdk bs dikirimkan. Bapak bs membuat sendiri alat tersebut dari bahan-bahan yg sederhana dan murah.
    2. Anggur dari buah semu jambu mente dapat tetap segar dan tahan lama jika proses fermentasinya tidak terkontaminasi. Hal tsb bisa dilakukan dgn menjaga sterilisasi dan kebersihan bahan/alat yg digunakan

  3. bagaimana saya bisa mendapatkan alat kupas mente tsb? apa bisa mendapatkan produsen alat tsb?
    apakah Bpk memiliki resep atau cara pembuatan anggur jambu mente? kebetulan di daerah kami banyak terdapat pohon jambu mente.
    Terimakasih

    • Alat pengupas biji mente sederhana tsb bisa Sdr buat sendiri dengan mengikuti gambar ilustrasi artikel di atas. Bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah, murah bahkan bisa dari bahan bekas.
      Cara Pengolahan Buah Semu Jambu Mente menjadi anggur atau juice, secara sederhana adalah sbb;
      1. Buah semu diolah dari kurang lebih 20 kg buah semu yg diperas kemudian ditambahkan air matang sehingga menghasilkan juice kurang lebih 55 liter
      2. jumlah tersebut ditambahkan gula sebanyak 11 kg (tanpa ditambah air)
      3. Tambahkan ragi 2,5 ons (250 gram) kemudian difermentasikan selama 1-2 bulan
      4. Hasil anggur yg diperoleh berkadar gula antara 7,5 % dan alkohol sekitar 15 %
      Demikian, selamat mencoba

    • Cari mesin kacip mete segera kunjungi blog saya

      • pesan kacip mete nya satu

  4. Salam Kenal…
    bagi yang memerlukan info ttg mesin/alat kacip mete silahkan berkunjung ke http://www.situsmesin.com/berita

    Semoga menjadi Inspirasi bisnis anda :)

  5. alat potong itu di tempat aku ada yang jual tp blom tau pasti harganya berapa ya….

    buah semu mete bisa kok dibuat jus jambu mete dan kripik, selei juga

    tq

  6. Betul sekali kalo buah semu jambu mente ini dpt di olah mjd bbrapa produk …
    Terimakasih atas informasinya

  7. Teori membuat Kacip Ceklok mudah, tapi prakteknya sangat sulit, karena membutuhkan keterampilan mengupas dulu. Jika Anda berminat untuk membeli produk Kacip Ceklok siap pakai bisa hubungi kami di 08122571497 / (0273) 3342990 E-mail : yusupsubandi@yahoo.co.id atau baca blog kami http://meteperkasa.blogspot.com/.

    • memang untuk mengupas biji mente dgn menggunakan kacip ceklok sederhana ini sedikit memerlukan keterampilan. Dgn terus mencoba dan berlatih nantinya akan mahir sedndiri. video cara mengupas dgn menggunakan kacip sederhana ini bisa dilihat di Facebook (keyword ; bpt situbondo). Terimakasih atas perhatiannya

  8. Wah, lengkap banget nih panduannya. Pasti bermanfaat. Di tempat saya alat pengupas yang dipakai juga sama dengan tulisan bpt situbondo. Tapi ga ada tuh yang bikin sendiri alatnya. Beli di toko juga gak ada. Bisanya pesan di pandai besi yang dah pernah bikin. Dalam waktu dekat, mungkin saya akan pesan juga, mau takirim ke keluarga di luar jawa. Saya sih gak jualan, tapi mungkin bisa bantu sodare2 pingin pesan. Hanya saja, saya belum tahu tuh biaya pesannya.

    • Sebenarnya alat pengupas biji mente ini sangat mudah pembuatannya. Bapak bisa mengikuti menurut sketsa pembuatan kacip ceklok tsb atau mungkin bisa memodifikasi sendiri alat tsb. Kami sendiri memodifikasi kacip ceklok tsb, bahkan beberapa komponen diantaranya adalah benda – benda sisa/bekas. Misalnya pisau pengupas dari bekas parang dan plat penahan dari sisa potongan arit bekas

  9. mantab… Saya akan coba membuat alat ini.di ende pabrik pengupas cuma ada 1.jadi petani hanya menjual dlm keadaan ada kulitnya dipabrik tsb.yg harganya sekitar Rp 8000/kg aja.para petani ga ngerti bagaimana proses sebelum dikupas.mohon penjelasannya.

    • silahkan bpk mengikuti ilustrasi pembuatan kacip sederhana ini…biayanya jg murah dan bahan bakunya jg mudah didapat. Video cara mengupas bji mente dgn menggunakan kacip sederhana ini bs dilihat di facebook bpt situbondo (keyword-nya ; mengupas biji mente). Terimakasih atas perhatiannya.

  10. terimakasih atas informasi dan ilmu yang disampaikan, ini bagus sekali dan sangat praktis dan bermanfaat.

  11. teknologi yang cukup canggih&sederhana. salut dech!

  12. bagaimana cara pengolahanbiji mente sejak di panen,apakah masih memerlukan pengeringan hingga ada batas kadar air tertentu,sehingga di waktu pengupasan menghasilkan kacang yg utuh atau berkualitas.terima kasih.

    • kami biasanya menjemur biji mente selama 3-4 hari (kondisi cerah, lama penyinaran matahari >12 jam/hari, jam 8.00-15.00) kami tidak punya alat utk mengetahui kadar air setelah dijemur. Cobalah dulu dikupas 2-5 biji secara acak setelah dijemur, jika dirasa sdh cukup kering (tidak begitu lengket ketika dikupas) maka biji mente tsb sdh cukup kering dan siap dikupas. Utuh tidaknya biji mente hasil kupasan selain dari cukup tidaknya pengeringan juga keahlian untuk mengupas.

  13. [...] Artikel : BPT SITUBONDO Share and [...]

  14. ada gak cara ngebuat alat pengupas yang lebih mudah dan gak ribet….

  15. bisa gak di tampilkan tinjauan pustakanya

  16. Buah semu mente bisa juga dibikin arak/whiskey, dengan cara buah diperas diambil filtradnya, lalu disimpan selama 2 minggu, setelah itu filtrad siap disuling untuk menghasilkan arak/whiskey, alat penyulingan sebaiknya menggunakan periuk tanah dan bambu, dan sebagai informasi kadar alkohol yang diperoleh bisa mencapai 53%, ini sudah kami lakukan di Flores Timur-NTT

    • Terimakasih atas informasinya, suatu saat kami akan coba. Sudikah kiranya Bpk berbagi dgn kami, terutama cara penyulingan yg sederhana dan tepat guna

  17. Terima kasih untuk petunjuk pembuatan alat kacip mente yang sangat berguna khususnya bagi para petani mete, tetapi sebagai informasi saja, jika ada yang ingin mencari “mesin” untuk mengupas mente (bagi yang punya modal lebih) bisa cari di google atau liat videonya di youtube, kata kunci pencarian “CASHEW PEELING MACHINE”

    • terimakasih Bapak, atas informasinya

  18. ada yang tau pabrik kacang mente di daerah jawa timur atau seputaran surabaya,bisa hubungi di e-mail arthurboreel@yahoo.co.id,trimakasi atas infonya

  19. saya mau pesan satu ? kalau bisa berapa harganya dan ongkos pengirimannya

    • alat pengupas biji mete ini kami buat dari bahan bekas, sebenarnya Bpk bisa membuat sendiri dengan mengikuti ilustrasi pembuatan alat tersebut. Pengiriman alat seperti ini ongkos kirimnya cukup mahal.

  20. apakah jambu metenya kalau sudah dikupas bisa langsung siap saji atau perlu proses lagi untuk menghilangkan getahnya

    • setelah dilupas dari biji gelondongnya masih harus mengupas kulit arinya, kemudian dijemur s/d kadar airnya kurang dari 5%. Setelah itu biji mete siap saji atau dikemas untuk dipasarkan

  21. di kampungku banyak mete tp g’ da yg di olah sendiri lgsung djual gelondong g2,, soalnya g’ ada hubungan kerja pa ada yg mau menyetok mete kami???


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: