Oleh: bpt situbondo | 5 Juni 2008

MIMBA (Azadirachta indica A.Juss)


PENDAHULUAN

Walaupun pemerintah telah meluncurkan program PHT (Pengendalian Hama Terpadu) agar masyarakat tidak tergantung kepada pestisida, juga mencabut subsidi dan melarang beberapa jenis pestisida, namun kenyataannya, nilai impor bahan pestisida yang pada tahun 1990an mencapai sekitar 200 milyaran rupiah (Kasryno, 1994) ternyata pada tahun 2000-an melampui angka 300 milyaran rupiah (Anon, 2000), bukannya menurun, malahan naik tajam.

Hal ini menunjukkan bahwa kita masih tergantung kepada pestisida kimia sintetis, khususnya impor dan kebiasan masyarakat kita masih kuat dan sulit dirubah untuk bergantung kepada pestisida, atau memang kebijakan pemerintah kita yang masih mendukung penggunaan pestisida kimia sintetis dengan cara meloloskan beberapa jenis pestisida untuk beredar di Indonesia dan sebaliknya belum atau kurang mendukung berkembangnya pestisida hayati di Indonesia. Salah satu jenis pestisida hayati yang sudah

banyak dikenal masyarakat dunia adalah yang berasal dari pohon mimba (Azadirachta indica A. Juss) (Gagoup and Hayes, 1984; Ermel, 1995). Selain dikenal sebagai pestisida dan juga bahan pupuk, bangunan serta penghijauan, belakangan ini dikenal juga sebagai bahan obat dan kosmetik sehingga disebut sebagai tanaman multi-fungsi (Grainge and Ahmed, 1987).

Mimba merupakan tanaman yang memenuhi persyaratan untuk dikembangkan menjadi sumber bahan dasar pembuatan pestisida nabati. Adapun persyaratan-persyaratan tersebut menurut Ahmed (1995) antara lain

(a) merupakan tanaman tahunan,

(b) tidak perlu dimusnahkan apabila suatu saat bagian tanamannya diperlukan,

(c) mudah dibudidayakan,

(d) tidak menjadi gulma atau inang bagi organisme pengganggu tumbuhan (OPT)

(e) mempunyai nilai tambah

(f) mudah diproses, sesuai dengan kemampuan petani.

KANDUNGAN BAHAN AKTIF

Seperti telah kita ketahui, bahwa tanaman merupakan gudang bahan kimia yang kaya akan kandungan berbagai jenis bahan aktif. Di dalam tanaman mungkin terkandung puluhan atau ratusan, bahkan ribuan jenis bahan kimia, sehingga sangat sulit untuk menentukan jenis dan fungsi atau manfaat setiap jenis kandungan bahan aktif tersebut. Dikenal suatu kelompok bahan aktif yang disebut “Produk metabolit sekunder” (Secondary metabolic products), dimana fungsinya bagi tumbuhan tersebut dalam proses metabolismenya kurang jelas. Namun kelompok ini dikenal berperan dalam hal berinteraksi atau berkompetisi, termasuk menjadi bahan untuk melindungi diri dari gangguan pesaingnya (Kardinan, 2002).

Mimba, terutama dalam biji dan daunnya mengandung beberapa komponen dari produksi metabolit sekunder yang diduga sangat bermanfaat, baik dalam bidang pertanian (pestisida dan pupuk), maupun farmasi (kosmetik dan obat-obatan). Beberapa diantaranya adalah azadirachtin, salanin, meliantriol, nimbin dan nimbidin (Ruskin, 1993). Azadirachtin sendiri terdiri dari sekitar 17 komponen dan komponen yang mana yang paling bertanggung jawab sebagai pestisida atau obat, belum jelas diketahui (Rembold, 1989). Mimba tidak membunuh hama secara cepat, namun mengganggu hama pada proses makan, pertumbuhan, reproduksi dan lainnya (Senrayan, 1997).

Azadirachtin berperan sebagai ecdyson blocker atau zat yang dapat menghambat kerja hormon ecdyson, yaitu suatu hormon yang berfungsi dalam proses metamorfosa serangga. Serangga akan terganggu pada proses pergantian kulit, ataupun proses perubahan dari telur menjadi larva, atau dari larva menjadi kepompong atau dari kepompong menjadi dewasa. Biasanya kegagalan dalam proses ini seringkali mengakibatkan kematian (Chiu, 1988).

Salanin berperan sebagai penurun nafsu makan (anti-feedant) yang mengakibatkan daya rusak serangga sangat menurun, walaupun serangganya sendiri belum mati. Oleh karena itu, dalam penggunaan pestisida nabati dari mimba, seringkali hamanya tidak mati seketika setelah disemprot (knock down), namun memerlukan beberapa hari untuk mati, biasanya 4-5 hari. Namun demikian, hama yang telah disemprot tersebut daya rusaknya sudah sangat menurun, karena dalam keadaan sakit (Ruskin, 1993).

Meliantriol berperan sebagai penghalau (repellent) yang mengakibatkan serangga hama enggan mendekati zat tersebut. Suatu kasus terjadi ketika belalang Schistocerca gregaria menyerang tanaman di Afrika, semua jenis tanaman terserang belalang, kecuali satu jenis tanaman, yaitu mimba (Sudarmadji, 1999). Mimbapun dapat merubah tingkah laku serangga, khususnya belalang (insect behavior) yang tadinya bersifat migrasi, bergerombol dan merusak menjadi bersifat solitair yang bersifat tidak merusak (informasi lisan Prof. K. Untung).

Nimbin dan nimbidin berperan sebagai anti mikro organisme seperti anti-virus, bakterisida, fungisida sangat bermanfaat untuk digunakan dalam mengendalikan penyakit tanaman (Ruskin, 1993). Tidak terbatas hal itu, bahan-bahan ini sering digunakan dan dipercaya masyarakat sebagai obat tradisional yang mampu menyembuhkan segala jenis penyakit pada manusia (Kardinan dan Taryono, 2003).

Selain mengandung bahan-bahan tersebut di atas, di dalam tanaman mimba masih terdapat berpuluh, bahkan beratus jenis bahan aktif yang merupakan produksi metabolit sekunder yang belum teridentifikasi dan belum diketahui manfaatnya. Oleh karena itu,penelitian mengenai penggalian potensi mimba masih banyak diperlukan.

MANFAAT DAN BERBAGAI PRODUK DARI MIMBA

Mimba sebagai obat tradisional

Sangat banyak berita-berita yang menginformasikan khasiat mimba dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit, bahkan saat ini daun mimba sudah dijual dalam berbagai macam kemasan, mulai dari kapsul, tepung daun, daun kering ataupun teh mimba instant. Dalam kemasan tersebut disebutkan bahwa daun mimba mampu menanggulangi penyakit tumor, kanker, diabetes, kolesterol, asma, darah tinggi, asam urat dan lainnya. Diberitakan oleh Karjono dalam majalah Trubus (1998) mengenai suatu kasus seorang pasien yang sudah divonis dokter bahwa yang bersangkutan tidak bisa tertolong, namun berkat meminum 7 (tujuh) lembar daun mimba, berangsur-angsur si pasien sembuh, sampai akhirnya sembuh total dan sampai saat ini masih segar bugar dan meneruskan meminum teh mimba.pohon-mente1

Sampai saat ini masih terjadi kontroversi mengenai digunakannya daun mimba sebagai obat tradisional. Disatu pihak bersikeras bahwa mimba adalah racun yang apabila digunakan sebagai obat akan sangat membahayakan si pasien. Dilain pihak bersikeras pula bahwa mimba dapat digunakan sebagi obat tradisional untuk berbagai jenis penyakit, karena telah digunakan sejak jaman dahulu dan sudah banyak bukti akan khasiat mimba dalam menanggulangi berbagai macam penyakit, hanya proses pembuatan dan dosisnya yang harus diperhatikan secara tepat dan benar. Suatu contoh bahwa untuk digunakan sebagai obat, hanya 7 (tujuh) lembar daun mimba atau setara dengan ¼ sendok teh tepung daun mimba yang perlu digodok dalam 2 (dua) dua gelas air, sehingga menjadi 1 (satu) gelas air atau langsung diseduh air panas dalam satu gelas dan diminum selagi hangat, jangan sampai dibiarkan/diendapkan sampai keesokan harinya, karena akan berubah menjadi racun. Dalam hal ini banyak kasus pasien keracunan karena si pasien ingin puas dan cepat sembuh, sehingga mengkonsumsi over dosis yang sangat membahayakan si pasien itu sendiri. Selain itu banyak kasus bahwa dengan alasan lupa meminum, akhirnya seduhan tadi mengendap sampai keesokan harinya dan diminum yang akhirnya juga membahayakan si pasien.bunga-mimba

Mimba sebagai pestisida

Sudah sejak lama mimba digunakan sebagai pestisida nabati dengan kemanjuran dan peruntukan yang luas (Broad spectrum), baik digunakan secara sederhana di negara berkembang, maupun digunakan secara terformula di negara maju, seperti Amerika Serikat. Di Amerika Serikat sendiri mimba sudah digunakan secara meluas, yang pada awalnya hanya diperuntukan untuk mengendalikan organisme pengganggu tumbuhan (OPT) pada tanaman yang bukan untuk dikonsumsi (non-food crops), namun belakangan ini sudah diperkenankan dipergunakan untuk mengendalikan OPT pada tanaman pangan (food crops), dengan berbagai jenis merk dagang, diantaranya adalah Margosan, Aligin, Turpex, Azatin dan Bio-neem. Negara lainpun di Asia sudah banyak yang memproduksi pestisida nabati dari mimba, diantaranya India dengan berbagai merk dagang, satu diantaranya yang sudah masuk ke Indonesia adalah “Neemazal”, Singapura yang juga telah memproduksi pestisida nabati mimba dan telah masuk pula ke Indonesia, namun dengan mengaku/mengklaim sebagai pupuk organik cair, yaitu “Bionature”, dan masih banyak merk dagang lain yang telah dibuat oleh Thailand, Myanmar dan Singapura.buah-mimba

buah-dan-biji

Indonesiapun saat ini telah banyak yang memproduksi pestisida nabati dari mimba,diantaranya oleh Institut Teknologi Bandung (ITB), Balai penelitian Tanaman Serat dan Kapas (Balittas-Malang), Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro-Bogor) dan pihak-pihak swasta (PT. Nihon Seima), maupun LSM lainnya.Namun demikian hanya satu yang telah terdaftar dan mendapat ijin dari Komisi Pestisida – Departemen Pertanian. Prosesnya pendaftaran pestisida agak rumit (disamakan dengan pestisida kimia sintetis), yang paling utama adalah “Biaya” yang harus dikeluarkan relatif besar bila diukur dari para pengembang lokal yang umumnya bukan merupakan pengusaha besar dengan skala impor-ekspor. Untuk itu, jika pemerintah mempunyai itikad baik (Political will) untuk membatasi berkembangnya penggunaan pestisida kimia sintetis yang semakin waktu semakin meningkat dengan pencemaran lingkungan dan dampak negatif yang semakin meningkat pula, maka pemerintah harus mendukung berkembangnya penggunaan pestisida nabati, khususnya dari mimba ini, salah satunya dengan memberikan kemudahan perijinan dan keringanan biaya pendaftarannya.

Mimba sebagai bahan pupuk organik

Bungkil atau dedak biji mimba yang telah diambil minyaknya, baik secara di pres, maupun diekstrak dengan heksan, merupakan bahan pupuk organik yang kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman. Selain bahan nutrisi tanaman, baik unsur makro, maupun mikro, bungkil biji mimba ini juga masih mengandung bahan aktif pestisida nabati, seperti azadirachtin yang akan bermanfaat mengendalikan organisme pengganggu tumbuhan yang berada di dalam tanah, seperti hama rayap, uret/kuul/lundi, nematoda dan hama lainnya, sehingga penggunaannya sebagai pupuk organik akan bermanfaat ganda, yaitu secara tidak langsung akan bermanfaat sebagai pestisida juga. Keuntungan lain yang diperoleh adalah bahwa azadirachtin bersifat sistemik, yaitu dapat meresap kedalam jaringan tumbuhan, sehingga apabila diaplikasikan sebagai pupuk di tanah, maka apabila terisap oleh tanaman akan ditranslokasikan ke bagian tanaman lainnya, seperti daun dan akan berfungsi melindungi tanaman dari gangguan OPT. Pupuk organik dari bungkil biji mimba ini telah diproduksi oleh Balittro, yaitu dengan penambahan pupuk kandang, kompos ataupun guano kedalamnya, sehingga diperoleh pupuk organik plus.

neem-oil-hasil-pengepresanSelain bungkil biji mimba, daunnyapun dapat digunakan sebagai bahan kompos untuk dijadikan pupuk organik yang juga mengandung kandungan bahan aktif pestisida nabati, sehingga dapat berfungsi ganda. Pohon mimba berdaun lebat, sehingga daun mudah diperoleh. Walaupun pohon mimba hanya akan berbiji bila ditanam ditempat yang panas dan kering di dataran rendah, namun mimba akan tetap berdaun walaupun ditanam di dataran tinggi dengan curah hujan yang tinggi.

Mimba sebagai pohon penghijauan dan reboisasi

Pohon mimba termasuk pohon yang mampu beradaptasi di daerah marginal yang panas dan kering, bahkan berbatu. Di Situbondo pohon mimba dapat ditemukan dari mulai pesisir pantai, rawa-rawa sampai di perbukitan berbatu sekalipun, sehingga pohon ini akan sangat cocok digunakan sebagai pohon penghijauan ataupun reboisasi di Indonesia, khususnya di daerah yang panas dan kering di dataran rendah. Walaupun tidak berbiji apabila ditanam di dataran tinggi (di atas 300 m dpl.), namun pohon mimba masih mampu berdaun dengan lebat.

Pohon mimba dengan tinggi yang mampu mencapai 20 m, bersifat mampu meresap CO2 dari udara relatif lebih banyak dibanding pohon-pohon lainnya, juga dengan sendirinya mampu mengeluarkan O2 relatif lebih banyak pula dibandingkan pohon pohon lainnya, sehingga pohon ini dianggap mampu meminimalkan polusi udara dan memberikan kesegaran pada lingkungan. Oleh karena itu pohon ini sangat cocok dijadikan pohon penghijauan di perkotaan khususnya kota-kota besar seperti Jakarta yang memang sudah sangat tinggi dengan polusi udaranya.

Pohon mimba mempunyai perakaran yang kuat dan dalam, sehingga sangat memungkinkan mampu mengangkat unsur hara di dalam tanah dan mengeluarkannya ke permukaan melalui jatuhnya bagianbagian tanaman ke permukaan tanah. Oleh karena itu pohon ini diharapkan mampu memperbaiki kesuburan tanah dan akan sangat cocok ditanam di daerah yang kurang subur. Untuk keperluan ini sebaiknya bibit mimba yang digunakan adalah yang berasal dari biji (generatif), bukan yang berasal dari stek batang atau ranting (vegetatif), karena bibit yang berasal dari biji memiliki akar tunggang (dari perbanyakan vegetatif tidak memiliki akar tunggang) dan akan lebih tahan dalam menghadapi terpaan angin ataupun gangguan goyangan lainnya agar tidak tumbang.

Pohon mimba memiliki diameter batang yang cukup besar dan kayunya termasuk kayu kelas satu, sehingga akan sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai bahan bangunan, sedangkan daunnya yang lebat dapat digunakan sebagai pakan ternak yang juga bersifat sebagai obat cacing untuk ternak. Namun demikian, saat ini tidak dianjurkan menebang pohon mimba untuk digunakan kayunya, karena populasinya di Indonesia masih relatif rendah.

Saat ini bibit pohon mimba yang berasal dari biji tersedia di BPT Situbondo dalam jumlah besar, sehingga siap mendukung program reboisasi dan penghijauan di Indonesia.

PROSES PENGOLAHAN MIMBA

Bagian utama dari pohon mimba yang dimanfaatkan adalah daun dan biji. Berikut dijelaskan mengenai prosesing daun dan biji agar dapat dimanfaatkan, baik sebagai obat, pestisida, kosmetik, toilet teries, pupuk dan lainnya.

Biji

Biji mimba mengandung minyak sekitar 40%. Untuk memperoleh minyaknya dapat diperoleh dengan 2 (dua) cara ;

Cara pengepresan, yaitu dengan jalan mengepres biji mimba dengan suatu alat pengepres sehingga yang tersisa adalah bungkilnya yang biasanya masih mengandung minyak. Dengan cara ini minyak yang terambil antara 15-20 %, sehingga kandungan minyak pada bungkil masih tinggi, oleh karena itu banyak orang yang menggunakan bungkil mimba ini sebagai bahan pestisida dengan cara mengekstraknya dengan ethanol atau denan air dengan sedikit penambahan deterjen atau sabun colek, agar antara minyak dan air terjadi emulsi.

Ekstraksi dengan heksan : yaitu dengan cara mengaduk dan maserasi adukan tersebut, sehingga minyak yang terkandung dalam biji mimba tertarik dan bercampur dengan heksan. Selanjutnya heksan tersebut di rotavapor (diuapkan) untuk memisahkan pelarut heksan dengan minyak mimba. Dengan cara ini minyak yang terambil lebih tinggi, yaitu dapat mencapai antara 20 – 25%. Namun demikian, bungkil mimbanya masih mengandung minyak dan masih dapat digunakan sebagai bahan pestisida nabati, yaitu dengan cara mengekstraknya dengan ethanol, atau ada juga yang mengekstraknya dengan air yang ditambah sedikit emulsifier, biasanya deterjen atau sabun cair Teepol. Selanjutnya minyak yang diperoleh digunakan untuk berbagai keperluan, diantaranya pembuatan sabun mandi, shampo, pestisida, sabun pencuci tangan, pasta gigi dan lainnya.

Daun

Daun dapat digunakan langsung dalam keadaan segar, ataupun dikeringkan, sehingga di peroleh simplisia kering, namun ada juga yang dibuat tepung, sehingga lebih praktis pengemasannya. Dalam keadaan segar tidak memerlukan perlakuan khusus, hanya perlu dibersihkan dari kotoran yang menempel dengan cara dicuci, selanjutnya apabila akan digunakan sebagai obat, cukup menyeduh tujuh lembar daun dalam dua gelas air sampai menjadi satu gelas air. Simplisia kering daun diperoleh dengan cara mengering-anginkan daun sampai daun bisa diremas menjadi serpihan. Bisa juga dilakukan pemanasan dengan

oven yang dilengkapi fan (kipas angin) pada suhu maksimal 400C atau ada juga yang menjemur di bawah sinar matahari di bawah jam 10 pagi (tidak terlalu terik). Tepung daun mimba diperoleh dengan cara menggrinder simplisia kering tadi dengan alat khusus(grinder) atau dapat juga dengan alat penghancur yang ada pada mixer.

Pemanenan Biji Mimba

Di BPT Situbondo maupun wilayah lain yang berdekatan dengan kami, biasayan pohon mimba mulai berbuah pada bulan Oktober – November dan mulai tua/matang pada bulan Desember s/d Februari tahun berikutnya. BPT Situbondo memanen biji mimba hanya yang terjatuh dari pohon, karena buah tua/matang atau karena buahnya dimakan hewan  seperti burung, kelelawar, tikus dan musang.

pohon mimba yang sedang berbuah perbedaan buah mimba muda dan buah mimba tua

biji mimba yang terjatuh, bekas dimakan binatang dan karena buah tua

Catatan : Saat ini biji Mimba untuk bahan bibit/untuk perbanyakan di tempat kami sudah tersedia. Untuk Pemesanan san infoemasi silahkan menghubungi Sdr Dadan Sholehuddin ( Telp. 085221114681) Bahan lain dari pohon mimba seperti kulit batang, daun, simplisia kering dan biji mimba kering yang sudah dikupas kulit bijinya masih tersedia di BPT Situbondo

Kontak person : 085 22111 4681 (an. Dadan Sholehuddin) atau 0338-3952083. Mengenai rincian lain seperti jumlah biji/gram, no rekening, daya tumbuh dst bisa email ke bpt_situbondo@yahoo.co.id

Terimakasih.

KESIMPULAN

Mimba (Azadirachta indica A. Juss) merupakan tanaman multimanfaat karena selain dapat tumbuh dengan baik di daerah marginal yang panas dan kering, juga dapat berfungsi sebagai pohon reboisasi dan penghijauan, bahan pestisida nabati yang dapat mengendalikan OPT secara ramah lingkungan serta bahan pupuk organik yang selain mengandung unsur hara tanaman, baik makro, maupun mikro, juga mengandung bahan pestisida untuk menanggulangi OPT di dalam tanah.

 

Sumber :

Agus Kardinan dan Azmi Dhalimi, Balitro, 2003

Anonim, Tumbuhan Berkhasiat Obat, 1987

Perbedaan Mindi dan Mimba

Banyak sekali pertanyaan kepada kami mengenai pohon mimba yang sering dipersepsikan  dengan pohon mindi. Berikut ini ada beberapa perbedaan yang bisa dilihat dari pohon Mindi dan pohon Mimba. Untuk lebih jelasnya berikut pada foto dibawah ini :

batang mimba batang mindikiri -kanan : batang pohon mimba-batang pohon mindi

daun mimba (kiri)- daun mindi (kanan)

kiri-kanan ; daun mimba-daun mindi

foto bawah : daun mindi muda (kiri)-daun mimba muda (kanan)

daun mindi muda (kiri)-daun mimba muda (kanan)

pohon mindi

Jika daun mimba dicicipi, rasanya jauh lebih pahit daripada rasa daun mindi. Selain itu pada daun mindi, masih terlihat bekas gigitan serangga. Beda dengan daun mimba, yang biasanya bersih dari bekas gigitan serangga.


Responses

  1. saya tertarik untuk mengembangkan tanaman mimba bagaimana cara mendapatkan bibitnya mohon petunjuk bagaimana cara mendapat bibitnya

    • Di daerah saya hama wereng sedang merajalela. Katanya mimba bisa buat pestisida alami?saya pengin kembangkan pohon mimba di daerah saya. Posisi saya di Cilacap Jawa Tengah. Mohon informasinya. Trimakasih…

  2. bibit dan biji mimba bisa diperoleh di bpt situbondo, jika lokasi anda terlalu jauh dari kami, sebaiknya berupa biji saja. Demikian semoga membantu

  3. salam kenal, saya deny tinggal dikalimantan saya tertarik untuk mengembangkan tanaman mimba apakah tanaman ini mudah ataukah susah dalam perawatannya kami minta dkrmi bijinya untuk kami semai dan biakan disini saya bisa dihub 081521917787 ongkos krmnya akan kami ganti.

  4. di situbondo mimba bs ditemui di daerah pantai sampai dengan perbukitan gersang tandus dan berbatu, penyebaran alaminya bisa dengan perantaraan burung, musang atau kelelawar. Tumbuhan ini sgt mudah tumbuh bahkan tanpa perawatan sama sekali. Persediaan biji mimba di bpt situbondo akan kami uji dulu daya kecambahnya, nanti hasilnya akan kami informasikan kembali. Terimakasih atas perhatiannya

  5. untuk Sdr Denny ;
    stok biji mimba kami yang ada sekarang daya kecambahnya sangat rendah. Jika anda mau bersabar sekitar 2-3 bulan lagi, Insya Alloh anda bisa mendapatkan biji mimba dgn daya kecambah sekitar 80-90% karena pohon mimba di tempat kami sedang memasuki fase pembungaan

  6. Saya Coky, tinggal di Sumatera Utara.
    Saya tertarik dan ingin mencoba menanam pohon mimba. Mohon info bagaimana saya bisa medapatkan benihnya.
    Terimakasih

  7. biji dan benih mimba dapat diperoleh di bpt situbondo.Untuk lokasi yang agak jauh atau antar pulau sebaiknya dikirim berupa biji. Saat ini pohon mimba di daerah kami sedang memasuki fase buah,Insya Alloh sebulan lagi kami bisa memproduksi biji mimba siap bibit dalam jumlah besar.
    Terimakasih atas perhatiannya

  8. Pak bagaimana cara membuat pestisida nabati dari daun mimba?bahan apa saja yang harus di siapkan dan mudah2han bahan + alatnya mudah di dapat dan terjangkau oleh petani.tolong kirim jawaban ke email saya pak, ke faiqisme@yahoo.co.id TERIMA KASIH ATAS PERHATIANYA

  9. cara ekstraksi sederhana dan aplikasi sudah kami kirimkan ke email nya

  10. Saya sangat tertarik, kami berada di Bandung, ingin membeli 2 s/d 5 kilo biji mimba, kiranya sekarang waktunya untuk mendapatkan kecambah yang baik. Harap beri kabar di dikirim segera, akan saya coba bibitkan. Terimakasih

  11. Bapak bisa tuliskan alamatnya via email kami di;
    situbondo.bpt@gmail.com atau,
    bpt_situbondo@yahoo.co.id
    Desember ini, produksi biji dan bibit siap untuk di diditribusikan.Terimakasih

    • Salam kenal,saya dari bandung,ingin membeli biji mimba untuk bahan pestisida tanaman,klo bs saya minta info harga biji mimba per kg berapa ??,kemudian mohon penjelasan cara pengolahan biji mimba untuk menjadi pestisida ?? tks.

      • Yth Sdr Dicky,
        Balasan lebih lengkap sudah kami kirim via email Sdr. Demikian, terima kasih atas perhatiannya

  12. dear teman2,
    Saya punya bibit pohon mimba dengan ukuran 30cm – 50 cm, jika berminat bisa hubungi no.08158704827/08129533853

    Wassalam
    Deni

  13. saya tertarik ingin membeli biji mimba, di mana saya bisa mendapatkannya? saya tinggal di surabaya

    • Biji mimba bisa diperoleh di BPT Situbondo, utk bahan benih maupun utk bahan baku penggunaan lain. Biji mimba utk bahan benih kadar airnya 80-90% dengan daya kecambah 90-95%.
      Utk informasi selanjutnya mengenai harga dan alamat yg akan dituju, Ibu bisa pm ke email kami di bpt_situbondo@yahoo.co.id
      Demikian, terimakasih atas perhatiannya

  14. Tolong sy dikirimkn cr ekstraksi&aplikasi tanaman mimba,sy jg ingn mdptkan info harga&cr pmesanan bi2tx,tlg dkrmkan ke email sy,trmaksh.

  15. cara aplikasi biji dan daun serta info harga sdh kami kirimkan via email anda

  16. slm,sya mau tanya,untuk mendapatkan daun dan biji mimba dimana ya,serta harganya brapa.makasih waslm.

    • Yth. Sdr. Rafi
      Daun dan biji mimba bisa diperoleh di BPT Situbondo
      Biji Mimba utk bahan benih, kadar air 80-90%. Daya kecambah 90-95%.
      Biji mimba kering, sudah dikupas kulit bijinya ; digunakan utk penggunaan spt bahan pestisida nabati, herbal dll. Kadar airnya 95-97%
      Mengenai harga silahkan cek di email Sdr.
      Demikian, terimakasih

      • assalam…
        Saya tertarik dg budidaya tanaman herbal dan saat ini saya mncari bibit/biji pohon mimbo, nyamplungan dan kelor yg nanti akan saya kembangkan di surabaya. Apakah tanaman tsb mudah di tanam ato sulit? Dan dmn saya bisa mndapatkn bibit/bijinya? Bila djual berapa per biji-nya?
        Terima kasih.

      • Yth Bpk/Sdr Dimas, mimba adalah tanaman yang sangat mudah untuk dikembangkan. Tidak memerlukan penyiraman berlebihan atau pun pupuk. Di tempat kami pohon mimba bisa ditemui di sekitar pantai s/d bukit tandus berbatu

  17. Asslm.wr.wb. Saya tinggal di Serang – Banten dan ingin menanam pohon mimba. Dimanakah saya dapat membeli bibit mimba yang terdekat? atau dapatkah kami pesan dari bptsitubondo? berapa harga bibit mimba tersebut? Mohon bantuan dan penjelasannya. Terimakasih.

  18. Waalaikum salam wr wb.
    Bapak bisa tanyakan ke Dinas Pertanian atau Dinas Perkebunan setempat
    BPT Situbondo menyediakan bibit dan biji mimba, diluar wilayah Jawa Timur kami hanya mengirimkan biji mimba utk bahan bibit.
    Demikian, semoga membantu

  19. Karena Situbondo-Surabaya cukup jauh, apakah BPT berkenan memaketkan (dengan biaya tertentu pastinya) bibit pohon (bertinggi 1-2 meter) sebanyak (hanya) 2 pohon ke Surabaya? Saya ingin menanamnya di rumah. Kalo menanam dari biji bukankah sangat lama menunggu dewasanya? Saya suka berkebun. Terima kasih.

  20. Yth. Bpk Heru Prasetyo,
    Sebenarnya Mimba adalah jenis pohon yg mudah tumbuh dan perkembangannya jg cukup cepat. Namun,jika Bpk menghendaki demikian nanti akan kami coba tanyakan ke beberapa agen pengiriman paket seperti yg dimaksud. Informasi selanjutnya akan kami kabari via email Bpk.
    Demikian semoga membantu

  21. Assalamu’alaikum Warohmatulloh

    saya tertarik menanam pohon Mimba, kebetulan saya tinggal di Magetan, bagaimana cara pemesanan biji/bibit, trus harganya, sekalian cara extraksi dan aplikasinya untuk tanaman, mohon dikirm ke email saya. terimakasih

    Wassalamu’alaikum warohmatulloh

    • Waalaikumsalam wr.wb
      Biji mimba utk bahan bibit bisa diperoleh di BPT Situbondo, mengenai harga dan cara ekstraksi akan kami informasikan melalui email Sdr.
      Demikian, terimakasih atas perhatiannya.

  22. Assalamu’alaikum

    sekarang apakah masih tersedia bibit Biji Mimba, Mohon informasi No rekening BNI untuk pembelian biji Mimba tersebut. terimakasih

  23. Mohon informasi harga biji per kilogram , dan berapa butir dalam satu kilo. Lokasi Saya di Semarang. Saya berminat membudidayakannya. Terimakasih.

    • Yth Bpk Rudy Krisbiantoro,
      Rincian mengenai Biji Mimba yg dimaksud akan kami kirimkan via email Bpk
      Demikian, terimakasih atas perhatiannya

  24. bapak yang terhormat.

    bisa tidak kami dapatkan pohon mimba untuk dibudi dayakan terimakasih

    mukhamad ermawanto se.
    m.ermawanto@gmail.com

    • Bisa, Bpk bisa mengunjungi kantor bpt situbondo. Alamat lengkap ada pd banner di muka halaman weblog ini

  25. Pak sy dijambi. Sy trtarik untk membeli benih nimba dan ekstrak bijinya. Trmakasih.
    Tlg krim kan ke e mail sy no telp bpt situbondo juga.

  26. Alamat BPT Situbondo :
    Jl Raya Banyuwangi km.18 Kec. Arjasa Situbondo 68371
    Telp.0338-452585, 0338-5501707
    email : bpt_situbondo@yahoo.co.id

  27. Salam..
    Apakah mimba sama dengan mindi? Karena di Sumatera Utara banyak pohon mindi yang cirinya mirip dengan mimba.
    Kalau beda, saya mau beli biji mimbanya 1 kg. Apa masih tersedia?
    Mohon info harga dan ongkos kirim.
    Terimakasih.

    • salam kembali…
      Mindi tidak sama dengan mimba…silahkan lihat kembali artikel mimba diatas (sudah di update dgn membandingkan dgn mindi). Saat ini mimba di tempat kami belum berbuah, sehingga permintaan biji mimba untuk bahan perbanyakan tidak bisa kami penuhi. Biasanya mimba sudah mulai berbuah pada akhir tahun s/d awal tahun. Demikian semoga menjadi bahan informasi

  28. mohon informasi bgmn&dimana saya bisa membeli nimba oil/biji nimba.terima kasih.

    • mimba berupa minyak mimba (neem oil), biji mimba, bibit tanaman dan simplisia kering daun mimba dapat diperoleh di BPT Situbondo

  29. saya tertarik dengan biji mimba untuk bibit. saya berniat untuk menanam untuk penghijauan kompleks. tolong harga dan cara pembayarannya.

    • biji mimba dapat diperoleh di bpt situbondo, cara pembayaran bisa melalui transfer antar rekening. Saat ini biji mimba untuk bahan bibit tidak bisa kami penuhi, mengingat belum saatnya berbuah/panen.
      Pemberitahuan jika saatnya panen biji mimba akan kami informasikan kembali

  30. yth. nptsitubondo,

    sy baru memulai jd petani pintar dikabupaten karo, sy mo bertanya,
    1. berapa harga per kg biji mimba?
    2. cara budidaya yang baik dan benar bgmn?
    (jarak tanam, pemupukan, panen, hingga pasca panen)
    3. apakah ada jg tersedia bibit mindi, suren, kelor dan sereh? saya ingin mbudidayakan tanaman2 sumber pesnab..

    silahkan balas ke dennyindra_ipb@yahoo.com atau ototix@gmail.com

    terima kasih.

    • balasan sudah kami kirim via email Sdr
      terimakasih atas perhatiannya

  31. saya tertarik untuk menanam nimba, Tolong kirim harga biji nimba per Kg untuk bibit dan cara penyemaian, waktu tanam, jarak tanam serta perlakuan apa saja yg diperlukan dalam budidaya Nimba.

    • balasan sudah kami kirimkan via email Sdr
      Terimakasih atas perhatiannya

  32. saia ingin menjdikan bahasan di atas sebagai bahan makalah saya karena cukup lengkap.
    hanya saja mengalami kendala pada daftar pustaka yang tampaknya kurang jelas.
    Jika boleh,apa anda bisa membantu saya?
    Trimakasih sebelumnya

    • Artikel tsb kami kembangkan dari jurnal dan Juknis dari Dept. Pertanian, selebihnya kami kembangkan sendiri seperti foto, cara ekstraksi sederhana, habitat tumbuhan dst
      Demikian, semoga membantu

  33. bisa tidak ya, kalau mau beli biji mimba sedikit,satu kilonya berapa harganya?

    • silahkan Pak…jika lokasi Bpk berdekatan, instansi kami dengan senang hati akan memberikan biji dan bibit dgn gratis. Jika hendak menggunakan jasa kurir, biasnya kami memberikan harga per kg nya 50rb (utk wil. P.Jawa)
      Demikian, terimakasih atas perhatiannya.

  34. saya tertarik utk budidaya mimba, tolong saya minta harga bibit biji per kg dan ongkos kirim ke cirebon. dan cara penyemaian sampai penanamannya, terimakasih

    • balasan sdh kami kirim via email Sdr.
      terimakasih atas perhatiannya

  35. Mas kapan kira2nya(bulan apa) biji bibit mimba dapat saya beli?

    • saat ini, beberapa pohon mimba di tempat kami baru mengeluarkan tunas bunga. Sekitar bulan Desember atau Januari mungkin sudah berbuah.
      Terimakasih atas perhatiannya

  36. saya sangat membutuhkan bibit nimba dan biji nimba sebagai bahan penelitian tugas akhir kuliah saya… Berapa harga bibit nimba? dan harga per kg biji nimba? Kalau boleh saya juga membutuhkan cara membudidayakan tanaman mimba sebagai bahan tinjauan pustaka saya… saya tunggu balasannya, terima kasih…

    • balasan sudah kami kirimkan via email Sdr.
      terimakasih atas perhatiannya

  37. Pak, tolong kirimkan ke email saya mengenai harga biji neem dan biaya pengiriman ke Lampung?

    Terima Kasih

  38. Kami tertarik untuk menanam mimba di p.batam, apakah saat ini ada stock biji yang dapat dikirimkan? kalau bisa kami coba dulu 1 kg dan berapa harganya, dmk tks.

    • balasan sudah kami kirim via email Sdr. Terimakasih atas perhatiannya

  39. asslm..

    saya mahasiswa yang sebentar lagi akan melaksanakan tugas akhir. ada beberapa hal yang akan saya tanyakan, diantaranya :
    1. Apakah perbedaan antara daun nimba dan mimba?
    2. Apakah saya bisa mendapatkan daun mimba untuk penelitian saya. berapakah harganya?
    3. Apakah di bptsitubondo menerima mahasiswa yang hendak melaksanakan tugas akhir atau penelitian? saya adalah mahasiswa politeknik negeri jember jurusan manajemen agroindustri dengan bidang konsentrasi teknologi benih.

    atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih. mohon balasan ke email ra_udara@yahoo.co.id

    • balasan sudah kami kirim via email Sdr.
      terimakasih atas perhatiannya

  40. Assalamu’alaikum
    Saya hobi bertanam kayu albasiah,jati,akasia dan sebagianya,saya tertarik dengan beragam kasiat dan manfaat dari mimba.banyak orang yang belum mengetahui nama tanaman ini walau sebenarnya sering lihat di tepi jalan..bapak2yang ada di BPT saya mohon bantuan untuk biji buat pengembangn diwilayah Ciamis Jawa Barat terutama diwilayah kawali..mohon dibalas Via Email untuk konfirmasi harga/bea pengiriman,atas perhatiannya saya haturkan terima kasih
    Wassalamualaikum …..

    • Waalaikum salam wr wb….balasan sudah kami kirim via email Sdr. Terimakasih atas perhatiannya

  41. Yth. BPT Situbondo,

    Saya ingin menanam Mimba,
    mohon penjelasan tentang:
    – Isi (perkiraan) benih/kg,
    – Isi (perkiraan) Stek/kg, (bila melayani)
    – Harganya masing2 dan perkiraan ong kir ke Jakarta per kg (atau minimum pesanan),
    – Kapan siap kirim,
    – Bagaimana tatacara permintaan?

    Terimakasih atas perhatiannya.

    • Yth. Krisdib,
      balasan sudah kami kirim via email Sdr. Terimakasih atas perhatiannya

  42. Yth. BPT Situbondo,

    Setelah memeriksa Mailbox saya, sampai saat ini, 19 Okt 2009, 08.10 WIB, saya belum menerima kiriman email dari Bapak.

    Apabila tidak berkeberatan mohon mengirim balasan sekali lagi atau SMS, atau bila diberikan no telp/HP Bapak saya akan menghubungi Bapak.

    Terimakasih atas perhatian yang diberikan.

  43. saya daniel dr pekanbaru, saya ingin membeli biji mimba untuk bibit sekitar 0.5 – 1 kg untuk bisa menumbuhkan kira2 100 batang, apa ada barangnya sekarang?
    kalau ada tlg email ke danielpkb@yahoo.com. mengenai harga dan o kirim ke pekanbaru.
    saya tunggu jawabannya di email.
    terima kasih.

    • balasan sudah kami kirim via email Sdr, terimakasih atas perhatiannya

  44. mohon informasi harga benih nimba, saya pengen memesan. alamat di blitar jawa timur.. segera ya.. untuk konfirmasi email ke email saya di epriaswanto@yahoo.com . Kita skarang ingin memberdayakan masyarakat desa. Saya di PNPM MP Kec Talun Kab Blitar. orang dan sebagian besar petani. DesaMandiri— Bangsa Sejahtera.

    • balasan sudah kami kirim via email Saudara, terimakasih atas perhatiannya

  45. Saya mohon dapat dikirimkan benih Nimba. Lokasi saya di Bekasi – Jabar. Mohon informasi :
    1. harga
    2. cara untuk mendapatkannya
    3. cara perkecambahan dan pembibitan.
    Mohon dikirimkan ke email saya : muzeshock@yahoo.com. Terima kasih sebelumnya.

    • Yth Sdr Toras Siahaan, balasan sdh kami kirim via email. Terimakasih atas perhatiannya

  46. Salam…
    Apakah saat ini biji mimba sudah tersedia di bptsitubondo? Kalau sudah ada saya mau pesan.
    Terimakasih

  47. Saya sangat membutuhkan batang mimba untuk tgs kuliah saya.
    Memang bagian tanamanny jarang digunakan untuk obat herbal.
    Jd bgmn tata cara membeli/mendapatkannya?

  48. Dear bpt_situbondo,

    Saya butuh harga benih mimba/kg berapa?
    Min order brp?
    Apakah sekarang sudah tersedia??

    Salam,

    GGN

    • balasan sdh kami kirim via email anda, terimakasih atas perhatiannya

      • Dear BPT Situbondo,

        Apakah bibit Neem sdh tersedia?
        Brp hrg/kg?
        Jika pesan neem kring utk d ekstrak brp hrg/kg?
        Bisa d pandu metode ekstraksi bijii neem utk keperluan meracik pesnab lebih detail via email? Apa saja hama/penyakiit tanaman + ternak yg pernah d tangani dengan menggunakan neem sebagai salah satu bahannya juga dosis pemakaian.

        Salam,
        GGN

  49. Saya berminta membeli biji mimba untuk dikembangkan. Kami ada di Jakarta. Mohon informasi lebih lanjut tata cara pembelian. Terima kasih

    • balasan akan kami kirimkan via email bpk. Terimakasih atas perhatiannya

      • salam kenal

        Saya adalah petani tambak udang di PT AWS eks Dipasena,ada 7000 plasma lebih,bahkan anak perusahaan diwilayah lainnya sudah 3 tahun tdk produsksi karena WS,dan MIO,mohon info ke Email saya,abimumpunie@gmail.com,nafianfaiz67@ymail.com

      • Kepada Yth Bpk/Sdr. Nafian Faiz,
        balasan mengenai biji mimba sudah kami kirim via email. Terimakasih atas perhatiannya

  50. salam..
    saya mendapat tugas makalah untuk mencari tahu informasi benalu dari pohon mimba,tetapi saya belum mendapatkan dari referensi yang saya cari.Mohon petunjuk dan infonya tentang benalu dari pohon mimba. Kalau bisa balas via email
    fat_duy@yahoo.co.id
    terima kasih sebelumnya
    salam..

  51. Pak, Biji Mimba nya sudah tersedia?
    Tolong kabari saya lewat email

    Terima Kasih

  52. Sekarang sudah bulan Desember, pak. Menurut info, bulan ini pohon Mimba mulai berbuah. Apakah biji Mimbanya pengukuran kualitas kecambahnya sdh selesai? Kapan bisa tersedia utk saya beli?

    Hormat saya,
    TORAS SIAHAAN.
    Bekasi, Jabar.

    • Kepada Yth. Bpk Toras, mimba sudah tersedia. Rincian balasan akan kami kirimkan via email Bpk.
      Terimakasih atas perhatiannya

  53. Terima kaih atas informasi sudah adanyanya biji mimba saat ini, tolong dibantu saya mengenai cara pembelian dan harganya berapa berikut ongkos kirim ke batam, kalau 1 kg harga nya berapa, dmk tks

  54. pak saya pesan bijinya,tlg infokan juga cara pembibitannya..saya pesan 1 kg .ongkos kirimnya ditransfer kemana pak?

  55. saya membutuhkan bibit pohon nimba, apakah bisa pesan disini. dalam 1kg kira2 ada berapa buah bijinya? boleh minta harganya dan apakah bisa dikirim ke daerah jakarta/bogor? berapa ongkos kirimnya per kg? terima kasih atas bantuannya.

  56. Mohon info harga miba.. dan juga cara pakai untuk tanaman. trims sebelumnya

    • balasan sudah kami kirim via email. Terimakasih atas perhatiannya

  57. Saya ingin informasi lebih jauh mengenai bibit pohon mimba ini, tolong kirimkan ke email saya

    thank’s

  58. Assalamu’alaikum

    YTH, Bapak pengasuh BPT Situbondo, apakah sekarang masih tersedia bibit biji mimba ? berapa harga perkilo gramnya, kemudian Bgaimana cara pesan dan pembayarannya, mohon balas ke email saya ya pak. terima kasih

    wassalamu’alaikum

    Bpk. Husin
    Magetan – Jawa Timur

  59. Saya baru saja dengar tentang MIMBA dan kagum akan multi khasiatnya. Ada teman di UK yg juga sdh memakai NEEM Oil utk penyakit Rheumatiknya dan ternyata manjur.
    Semoga bahan alam yg besar potensinya ini semakin dikembangkan oleh para ahli dan dapat meringankan beaya pupuk para petani dan juga meringankan beaya pengobatan rakyat.
    salam, Zita

    • Dengan hormat,

      ingin berbagi tentang mimba,apa nama lainnya kalau didearah lain

      salam

  60. Pak,

    Apakah ada cabang/agen di Banyuwangi – Genteng
    Jika membeli bibit dalam biji berapa harganya

    Salam
    Slamet

    • Kepada Yth Bpk Slamet,
      Kami tidak mempunyai cabang di Banyuwangi, bpk mungkin bisa mencari informasi perihal biji mimba ke Dinas Pertanian setempat.
      Harga biji mimba asal bpt situbondo adalah 50rb/kg (termasuk ongkos kirim)
      Demikian, terimakasih

  61. Pak,

    Saya mau pesan 5-10 kg biji Mimba, yang berkecambah rendah juga tak apa, karena mau diekstrak jadi pestisida.

    Terima kasih

    Alung

    • Yth Pak Alung,
      kenapa tidak sekalian yang untuk bahan ekstrak saja Pak ? kadar airnya sudah tinggal 5 %

  62. Boleh pak, itu lebih baik. Berapa harga per kg dan saya juga perlu 1 kg benih berkualitas baik buat pembibitan di kebun.

    Terima kasih

  63. Wah si akang ini.., pengalaman dan pengetahuan agroteknologinya makin mantap saja.
    Banyak hal yang bermanfaat, terutama untuk mahasiswa agroteknologi plus untuk perkembangan agroteknologi ke depan… (back to nature)

    Saya link-kan ya ke blog Smart Statistisik

    Btw, pohon mimba di fakultas kita tercinta (Pertanian) dah ada gk?

    • makasih kang, skalian saya link-kan juga smart statistik nya di blog ini
      di kampus kita, sdh ada mimba, tp jarang berbuah

  64. Bagaimana cara mengirim biaya pembelian biji mimba? Siapa contact person-nya?
    Saya ingin beli biji mimba juga.
    Terima kasih.

  65. pak..

    saya beralamat dikendal saya mau pesan bibit mimba yang siap tanam klo ada saya pesan 20bibit..bagaimana dengan pengiriman dan pembayarannya……

    terimakasih…

  66. Pak, melanjutkan email saya sebelumnya. Bagaimana kami memesan bibit mimba dalam biji dan dikirim ke Gresik – Jawa Timur. Mohon balas ke slamet@pon.co.id

    Terimakasih
    Salam
    Slamet

  67. Mohon info:
    1. Harga biji mimba (untuk bibit) per Kg termasuk ongkos kirim ke Bangar Lampung.
    2. Jumlah biji dalam 1 Kg.
    3. Berdasarkan informasi yang kami peroleh biji mimba mempunyai masa dorman yang sangat singkat. Apakah benar demikian?
    Mohon informasi. Atas kesediaannya diucapkan terimakasih.
    Antonius Malau- Bandar Lampung.

    • Yth Bpk Antonius Malau,
      balasan sudah kami kirim via email Bpk. Terimakasih atas perhatiannya

  68. pak,

    saya berminat u/ memesan bibit mimba. mohon info harga. apakah dalam waktu dekat bibit siap dikirim? apa ada rekanan/cabang di palembang?

    terima kasih atas kesediaannya
    nia – palembang

    • Yth Ibu/sdri Nia,
      kami tidak mempunyai rekanan di palembang, informasi berikutnya sdh kami kirim via email. Terimakasih atas perhatiannya

  69. MOHON INFO BENIH MIMBA ATAU MINDI
    UNTUK PEMESANAN KE PEMALANG, JAWA TENGAH.
    TRIM.

    • Yth Bpk Hri Nurcahyo,
      balasan sdh kami kirim via email Bpk. Terimakasih atas perhatiannya

  70. 1. Mohon info kwalitas biji mimba untuk bibit dapat bertahan disimpan berapa lama?
    2. Apa sekarang BPT Sitbondo punya stok biji mimba untuk bibit?

    Terimakasih

    • Yth Bpk Coky Tobing,
      1. Di tempat kami, biji mimba untuk bahan bibit dapat bertahan kurang lebih 3 bulan. Jika tempat penyimpanan nya cukup kering, terhindar dari lembab/air daya kecambahnya masih berkisar 10-15%
      2. Saat ini kami tidak mempunyai stok biji mimba untuk bahan bibit.
      Demikian, terimakasih atas perhatiannya

  71. wah yang komentar dah banyak banget ya jadi rame …..
    tapi saya mau tnya kaya apa si biji nya …?

  72. ass, Mohon info:
    1. Harga biji mimba (untuk bibit) per Kg termasuk ongkos kirim Lampung. daerah tulang bawang
    2. Jumlah biji dalam 1 Kg.
    3. Berdasarkan informasi yang kami peroleh biji mimba mempunyai masa dorman yang sangat singkat. Apakah benar demikian?
    apakah bptsitubondo ada informasi penelitian ttg kegunaan daun mimba untuk mengobati penyakit white spot pada budidaya udang?

    • Yth Bpk/Sdr arie Guevara,
      balasan sudah kami kirim via email. Terimakasih atas perhatiannya

  73. saya ingin menanyakan apakah dijual tepung daun mimba, berapa hrga per Kg,,
    berapa kandungan protein daun mimbanya dan tepung daun mimbanya..
    apakah berbeda kandungan proteinnya..
    terima kasih…

  74. Saya tertarik untuk membeli pestisida nabati yang berasal dari mimba seperti yang dijelaskan dalam artikel di atas, dimana saya bisa memperolehnya, mohon informasinya, terima kasih

    • Kepada Yth Bpk/Sdr. M Awan,
      Bahan baku pestisida nabati dengan bahan dasar mimba bisa diperoleh di bpt situbondo

  75. SALAM KENAL
    saya tertarik dengan mimba sebagai pupuk dan obat
    tang ingin saya tahu :
    1. Bagaimana cara pembeliannya (saya tertarik dgn yg berbentuk cair )
    2. untuk biji mimba sebagai bibit berapa minimal pemesanan
    3. Untuk order harus kemana?
    Mungkin anda bisa tambahkan keterangan lain di E-mail saya
    Terima kasih

  76. Saya mau tanya pak apakah di bpt ada produk ekstrak daun mimba yang siap pakai?
    kalau ada mengekstraknya pakai metode yang bagaimana?
    Saya membutuhkan ekstrak daun mimba untuk uji aktivitas antioksidan dan antimikrob pak.
    Jika ada tolong saya dikonfirmasi tentang harga juga.
    Terima kasih atas informasi dan perhatiannnya. wassalam

  77. salam…
    saya tertarik juga dengan pestisida nabati dari pohon mimba ini,bisakah kiranya kirimkan amplikasi dan harganya ke email saya,terimah kasih

    • Balasan lengkap utk Bpk/Sdr Orin, Ibu/Sdri. Juli, serta Bpk/Sdr Supriyadi sudah kami kirimkan via email.
      Terimakasih atas perhatiannya

  78. Pak sy mau cari benih mimba, tapi katanya benihnya termasuk rekalsitran yg tidak bisa dismpan lama, brp lama bnh mimba bisa disimpan?? dan gimana cara menyemaikannya?? tks pak

    Sutarjo, 08125126862

    • Biji mimba untuk bahan bibit di tempat kami sampai umur 3 bulan dari pemanenan masih bisa tumbuh. Daya kecambahnya berkisar 10-15 %.
      Cara penyemaiannya cukup disebar di penyemaian atau di polybag jika akan dipindahtanamkan. Tidak memerlukan pupuk dan penyiraman yang berlebihan

  79. Askuem….
    Pengetahuan tentang MIMBA di situs ini sangat membantu penelitian saya….
    Tapi…kurang satu hal…Tolong paparkan kandungan gizi pada mimba……….
    trims….

  80. pak,
    saya dgn Masyita di kalimantan tepatnya di Samarinda, saya kbetulan lgi pnelitian ni pak dgn menggunakan daun mimba sebagai insektisidanya. kira-kira bisa gak pak saya pesan daun mimba sekarang trz harganya brapa?

    • balasan lengkap sudah kami kirimkan via email. Terimkasih atas perhatiannya.

  81. ass.
    ini dengan masyita pak. klo ada dijual daun mimba yang bisa dipesan, kbetulan saya perlu untuk penelitian pak. saya tunggu balasannya pak segera. terima kasih pak. wass.

    syita_unicore@yahoo.com
    no hp: 085753926121

  82. Salam,
    Apa sekarang sudah ada biji mimba untuk bibit?

    Terimakasih

    • belum tersedia Pak, saat ini pohon mimba di tempat kami masih berbunga. Sekitar bulan Desember mungkin sudah mulai panen biji mimba.

  83. Salam

    Pak,saya di KALTIM tepatnya di Bontang saya sangat tertarik dengan tanaman Mimba kalau boleh tahu bgmn caranya untuk bisa mendapatkan /membeli biji Mimba yang siap tanam,mohon informasinya

  84. salam kenal..sy dani dari nganjuk..apakah sdh tersedi a bibit mimba nya pak?..sy mau pesan 1 kg bibit+ ongkir ke nganjuk brp? + cara budidaya nya.. demikian trima kasih

  85. Yth. Bpk S Prayoga dan Bpk Dani Sutisna,
    biji mimba untuk bahan bibit pada saat ini belum tersedia. Pohon mimba di tempat kami masih berbunga, diperkirakan sekitar bulan Desember-Januari sdh bisa diperoleh biji mimba utk bhn bibit. Pada saatnya jika biji mimba tsb sdh tersedia akan kami konfirmasikan via email.
    Demikian, terimakasih atas perhatiannya

  86. yth. bpt situbondo

    saya butuh dan ingin sekali membeli bibit / biji mimba/neem.
    yang ingin saya tanyakan berapa harga per bibitnya / per kg biji nya + ongkos kirim ke bandar lampung?, dan berapa minimal pembelian?

    trims atas infonya, semoga sukses selalu.

    • Kepada Yth Bpk Hersa Wijaya,
      balasan lengkap sudah kami kirim via email. Demikian, terimakasih

  87. Assalam mualaikum

    Tolong informasi harga biji,bibit,olahan pohon neem ini terutama neem oil.

    Terima kasih banyak

    • Waalaikum salam wr wb.
      Yth Bpk/Sdr EkoSubiyanto, informasi lebih lengkap sudah kami kirimkan via email Bpk
      Demikian , terimakasih atas perhatiannya

  88. Assalamu’alaikum,
    maaf, boleh saya minta no yang bisa dihubungi?
    saya butuh daun mimba dan bibitnya untuk umi saya.
    beliau sedang sakit dan butuh daun mimba untuk pengobatan.
    Tolong kirim segera, biar saya segera menghubungi anda.
    Terima Kasih Banyak
    Wassalamu’alaikum,
    kirim ke email saya
    ukhti_helmie@yahoo.com

  89. Saya ingin sekali menanam pohon Mimba di llingkungan rumah saya di Depok (Jabar).
    Mohon info, apakah akarnya bisa merusak jalan/tembok bila telah besar ?
    Berapa lama pertumbuhannya ?
    Dimana saya bisa membeli bibit secara eceran ?

    Sebelumnya terimakasih,

  90. Ass. Wr Wb
    B0leh minta t0l0ng inf0rmasi & harga bibit p0h0n mimba?
    Saya ingin c0ba tanam di rumah :)

    • Kepada Yth Bpk/Ibu Camellia, Bpk Agus, Sdri/Ukhti Helmi Yulia
      balasan lengkap sdh kami kirim via email Bpk/Ibu/Sdr/Sdri, demikian terimakasih

  91. Assalamu’alaikum,
    maaf bapak,
    saya sudah cek e-mail saya.
    kenapa ga ada inbox e-mail masuk dari bapak ya?
    Terima Kasih

    • Kepada Yth Sdri Helmi Yulia,
      balasan via email sdh kami kirim kembali. Terimakasih.

  92. Asw. Yth BPT Situbundo,

    Saya tertarik dengan khasiat mimba,
    Saya bermaksud melakukan penelitian lebih lanjut tentang mimba ini.
    Apabila berkenan bagaimana caranya mendapatkan daun/biji dari BPT ?
    Berapa harga per kg? Posisi saya di Bandung Jawa Barat.
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

    • Kepada Yth Sdr/Sdri Vycke,
      biji utk bahan bibit atau bahan ekstrak serta daun mimba bs diperoleh di bpt situbondo.
      Saat ini biji mimba utk bahan bibit belum tersedia, karena masih pemungutan hasil (panen). Daun mimba dan biji mimba utk bahan ekstraksi (dan atau utk penggunaan lain) tersedia di bpt situbondo.
      Paket bahan mimba bisa kami kirimkan melalui jasa kantor pengiriman barang/paket.
      Demikian, terimakasih atas perhatiannya

  93. Assalamualakum Wr Wb,

    Saya Ingin budidaya mimba sebagai pagar pestisida.
    berapa harga benih nimba per KG berikut ong Kir nya ke Depok Jawa barat

    Wasalamualaikum Wr Wb

    Anggoro

    • Yth Bpk/Sdr Anggoro,
      Balasan sdh kami kirim via email Bpk. Terimakasih

  94. saya membutuhkan minyak mimba untuk insektisida yang akan dipakai di Sukabumi.
    Bisa tolong informasinya berapa harganya per liter minyak mimba extraknya sampai kota Bandung> Terima ksih
    yogi

  95. Pak saya butuh bibit nimba dalm bentuk biji atw kecambah dlm wktu dekat ini,,berapa harga nya dan bgaimana mekanisme pemesanannya,,,
    mhon reply di email saya,,

    • Yth Bpk/Sdr. Yayan, balasan lebih lengkap sudah kami kirim via email. Terimakasih.

  96. Saya di subang jawa barat

  97. Saya di subang jawa barat dan harap kirimkan cp nya

  98. Apakah Benih mimba sudah bisa dibeli ?
    Kemana harus transfer uangnya ?
    Terima Kasih

  99. Salam,
    Apa benih mimba sudah ada? kalau ada saya mau beli. Mohon infonya.
    Terimakasih.

  100. salam,
    saya butuh biji mimba buat penelitian, apakah biji sudah ada..?

    • Yth Sdr Heva,
      balasan lebih lengkap sdh kami kirim via email, demikian terimakasih

  101. 1. berapa harga bibit biji mindi yang bersertifikat per kilonya?
    2. ke mana pesannya?
    3. bagaimana cara bayarnya?
    4. kapan harus di semai untuk ditanam di bulan oktober-desember 2011?
    5. kalo bibit yang siap tanam di bulan oktober-desember berapa harganya?

    * jumlah bibit yang diperlukan sebanyak 5000 pohon

    kontak person : Gustiadi

    • Yth bpk/Sdr Gustiadi,
      balasan lebih lengkap sdh kami kirim via email bpk/sdr. Demikian, terimakasih atas perhatiannya.

  102. apakah masih tersedia biji mimbanya? kalau masih saya mau beli 1kg, mohon informasi harga dan transfer kemana? terima kasih

    • KePADA yTH bPK Rudi Budiman,
      biji mimba utk perolehan bulan Januari 2011 sdh habism Saat ini kamih mengumpulkan.memanen kembali, pada saatnya nanti sdh tersedia akan kami konfir via email Bpk. Demikian, terimakasih,

  103. Pembiakan mimba dari apa ya pak, kalau bibit yang sudah jadi harga berapa, apa bisa dikirim ke bogor.

    • Yth Bpk Hari Winarsa,
      pohon mimba kami perbanyak via biji, balasa lbh lengkap kami kirim via email Bpk.

  104. halo..
    kalo ekstrak biji mimba itu pake biji yg sudah kering apa masih muda???

    • Yth Sdri Yunita,
      biji mimba utk bahan ekstrak adalah biji mimba tua/jatuh dari pohon, siap utk diekstraksi atau ditumbuk

  105. Aswrab… Saya dari bluto sumenep madura. aktif sebagai keta kelompok tani yang baru berdiri tahun kemarin. saya ingin mendapatkan informasi yang lebih detil dan jelas tentang budidaya mimba dan produksi mimba untuk digunakan oleh kelompok untuk meningkatkan pengalaman mereka dalam bertani. hal ini agar mereka lebih bisa menghargai dan memanfaatkan alam sekitar dengan lebih baik. sampai sekarang kami belum tahu usia mimba yang dapat dimanfaatkan baik buah, daun maupun pohonnya. terima kasih atas penjelasan yang bapak sampaikan…

    • Yth Bpk/Sdr Agus Wedi,
      Pohon mimba dapat dibudidayakan dengan mudah dan murah, biasanya diperbanyak melalui biji. Tinggal disemaikan di media semai atau langsung ditanam di polybag atau di lahan. Pohon mimba yang umumnya bisa dimanfaatkan adalah bagian daun biji dan batang. Daun yang digunakan utk bahan ekstrak adalah daun yang sudah berwarna hijau tua demikian juga dengan biji. Biji yang baik utk bahan ekstrak maupun bahan bibit adalah yang benar benar tua, warna buah kuning. Pohon mimba di lingkungan yan sesuai biasanya sudah mulai berbuah setelah berumur sekitar 5 tahun

    • untuk pembudidayaannya yang cepat dan baik bagaimana perlakuannya?
      hal ini agar kayu yang dihasilkan dan juga buah dan bijinya lebih baik. untuk pupuk dan atau pestisida yang dapat kami gunakan bisa dibeli atau bikin sendiri?

      • Yth Bpk/Sdr Agus Wedi,
        pohon mimba di tempat kami tidak dilakukan perlakuan budidaya yang baik, biji mimba yang telah disemai kemudian ditempatkan di polybag kemudian ditanam di lokasi pertanaman. Kami tidak pernah memberikan pupuk atau pestisida, penyiraman 1-2 hari sekali.

  106. saya mahasiswa kedokteran gigi ingin meneliti tentang minyak mimba…
    menurut anda saya lebih baik pesan biji atau minyaknya?
    butuh informasi tentang harga dan pemesanan
    lokasi saya di surabaya…

    balas via email

    • Yth Ibu/Sdri Artini,
      walaupun bpt situbondo juga menyediakan minyak biji mimba, tetapi jika untuk bahan penelitian sebaiknya Ibu/Sdri memdapatkannya dari bahan baku hasil olahan sendiri. Informasi harga akan kami kirim via email.
      Terimakasih atas perhatiannya

  107. apakah masih tersedia biji mimbanya? kalau masih saya mau beli 1kg, mohon informasi harga + biaya kirim (muntilan-magelang) dan transfer kemana? terima kasih

    • Yth Bpk/Sdr Azkaa,
      biji mimba sudah habis, pohon mimba biasanya dipanen/berbuah sekitar bulan November – Januari. Pemesanan biji mimba sebaiknya pada saat panen tsb
      demikian disampaikan, terimakasih

  108. Yth Bpk/Ibu di bpt situbondo
    Saya di Bandung mohon informasi biji mimba harga+ongkos /kg.
    Terima kasih

    • Yth Bpk/Sdr Dudy,
      biji mimba sudah habis, pohon mimba biasanya dipanen/berbuah sekitar bulan November – Januari. Pemesanan biji mimba sebaiknya pada saat panen tsb
      demikian disampaikan, terimakasih

  109. 1. mau tanya berapakah jarak tanam yang baik untuk penanaman tanaman mindi ini?
    2. Pada usia berapakah pohon mindi untuk siap tebang?

    • 1. Jarak tanam pada awalnya bisa 1 X 1 m, seiring dengan besarnya pohon bisa dikurangi menjadi 1 X 2 m atau sampai 2 X 4 m
      2. Pohon siap tebang tentunya tergantung kebutuhan

  110. Yth Bpk/Ibu di bpt situbondo
    saya dari makassar
    apakah biji mimba masih tersedia? kalau masih ada, berapa harga dan ongkos kirim nya.

    • Yth Bpk?Sdr Ahmad,
      biji mimba untuk bahan bibit/perbanyakan yang diperoleh saat ini daya kecambahnya tidak cukup baik, biji mimba di tempat kami terakhir berbuah sekitar bln Januari. 3 (tiga) bulan stlah panen/berbuah daya kecambahnya hanya berkisar 10-15 %.
      pada saatnya jika tersedia, akan kami konfirmasikan via email Bpk/Sdr. demikian, terimakasih atas perhatiannya

      • besar harapan kami disini untuk menunggu informasi dari bapak di bpt situbondo, agar kami dapat membudidayakan tanaman mimba tersebut, Terima kasih

  111. Assalamualaikum, pak, saya butuh minyak mimba untuk pestisida tolong infonya saya harus beli dimana, dan bagaimana cara pembeliannya ….. trimakasih

    • Waalaikum salam, balasan lebih lengkap sudah kami kirim via email Bpk
      Terimakasih atas perhatiannya

  112. Ass, Wr, Wbr

    Mohon informasi harga biji bibit mimba/neem ( harga di tempat bapak)
    Apakah cocok untuk ditanam di tahah Kalimantan Timur ?
    PH 5 s/d 6

    Kami di sini sangat tergantung dengan pestisida kimia.

    1 kg kira-kira isinya berapa bibit?
    Tingkat kegagalan pertumbuhan kecambahnya berapa?

    Trims sebelumnya

    setyo tj

  113. Saya pingin dikirimkan bibit mimba untuk saya kembangkan di daerah sy di sulawesi selatan. gimana sy mendapatkannya. mohon alamat dan pada siapa yg di hubungi? Trimakasih sebelumnya…

    • Yth Bpk/Sdr. Andi Chaerman, balasan selengkapnya sudah kami kirim via email. Demikian disampaikan, terimakasih atas perhatiannya

  114. Yth. BPT Situbundo

    Asw. wr.wb
    Saya memerlukan daun mimba untuk penelitian.
    Mohon informasi harga dan ongkos kirim.
    Lokasi saya di Bandung.

    Terimakasih

    • Yth Sdr/Sdri. Vycke, balasan sudah kami kirim via email, terimakasih atas perhatiannya

  115. YTH BPT SITUBONDO
    ASLMYKM WR WB

    SAYA MEMBUTUHKAN BIJI MIMBA UNTUK DITANAM DI KEBUN KAMI
    MOHON INFORMASI CARA MERAWAT /BUDIDAYA POHON INI DARI MULAI BIJI..
    TERIMA KASIH

    • Yth Bpk/Sdr Ilham, balasan kebih lengkap kami kirim via email. Mohon maaf atas keterlambatan kami membalas pertanyaan Bpk/Sdr. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih

  116. Asalamualaikum

    Saya mau bertanya tentang pohon mimba…!
    1.Apa sih perbedaan nimba dan mimba dan lebih hebat yang mana?
    2.Bagaimana cara membuat pestisida dari mimba untuk hama wereng?

    Trima kasih

    Jawaban tolong di kirim ke
    email : ridwan_enjoy.one10@yahoo.com

    • Yth Bpk/Sdr. Ridwan Arifin, balasan lbh lengkap sdh dikirim via email Sdr. Terimakasih atas perhatiannya

  117. saya membutuhkan extrak biji mimba berapa harganya franko jember atau biji mimba harga per kg franko jember,……..untuk dipakai campuran pupuk organik,…terima kasih

    • Yth Bpk/Sdr Djuawandito, balasan sudah kami kirim via email

  118. Saya sangat tertarik untuk menanam mimba, yang ingin saya tanyakan
    1. Apakah mimba memiliki alelopati yang mampu menghambat pertumbuhan gulma?
    2. Bgaimana pertumbuhannya di lahan marginal?
    3. Bagaimana prospek bisnis kayu mimba ke depan?
    4. Di Lampung saya melihat ada bibit mimba (vegetatif), apa ciri khusus bibit tersebut, karena saat kecil sepertinya sangat mirip dengan mindi?
    5. Untuk biji mimba, bagaimana cara memesannya dan berapa biayanya?

    Jika bekenan, mohon di emailkan pak ke muhammad.kholiq@gmail.com

    Terima kasih atas infonya…

    • Yth Bpk/Sdr Alit, balasan sdh kami kirim via email. Terimakasih atas perhatiannya

  119. Yth. BPT Situbundo

    Asw. wr.wb

    Saya tertarik untuk membudidayakan pohon mimba. Berapa jumlah benih /kg & harganya Pak?

    Apakah cocok ditanam di lahan dengan ketinggian 1.000m dpl?

    Terima kasih

    • Yth Bpk/Sdr Handy, balasan selengkapnya sdh dikirim via email. Terimajasih atas perhatiannya

  120. askum pak.saya hari dr politeknik negeri jember. Saat ini saya sdang melakukan pnelitian tentang mimba… Untuk mimba daun segar berpa harga /kg pak? Sya mau pesan 5kg..trmksh

  121. askum pak.saya hari dr politeknik negeri jember. Saat ini saya sdang melakukan pnelitian tentang mimba… Untuk mimba daun segar berpa harga /kg pak? Sya mau pesan 5kg..trmksh

    • Yth Bpk/Sdr Harry Suci,
      balasan kami kirimkan via email Bpk./Sdr, terimakasih atas perhatiannya

  122. m’f pak blzannya blum sya trima.tolong dblz ulang di suciono_ha@yahoo.co.id trmksh.

    • Yth Bpk/Sdr Hary Suci, kami sudah beberapa kali mencoba mengirim via email Bpk. tetapi gagal terus (failure notice). Jika ada email lainm balasan akan kami kirim secepatnya. Demikian, terimakasih

  123. Saya tinggal di Temanggung Jawa tengah, pak saya mau tanya karena tetangga saya mempunyai pohon mimba masih berumur 2 tahun dan belum keluar bijinya, bagaimana caranya saya dapat membuat bibit dari pohon tersebut untuk saya tanam sendiri. Dan bagaimana cara mendapatkan pohon mimba yang berkualitas tinggi ?. Berapa harga per kilo biji nimba-nya pak dan ongkos kirimnya bila saya mau menanam pohon nimba dari biji. Dan dimana saya mendapatkan referensi untuk mengolah hasil dari pohon nimba.

    • Yth Bpk/Sdr Ino, balasa lebih lengkap sudah kami kirimkan via email. Terimalasih atas perhatiannya

  124. pak mau pesan biji mimba nya,, masi ada stok gak??
    harga per kg nya brp??
    trs klo mau pesen gmn caranya??trmksh

    • Yth Ibu/Sdri Intan, balasan lebih lengkap sudah kami kirim via email. Trimakasih atas perhatiannya

      • sekedar pengen tau pak,, apakah minyak dari biji mimba dapat dibuat menjadi biodiesel???

  125. Yth. BPT Situbundo,

    Pa saya mau beli daun mimba segar untuk penelitian, saya di bandung…
    Mohon info pembelian..kapan bisa saya terima bahannya?

    Terimakasih

    • Yth Bpk/Sdr Vycke, balasan sdh kami kirim via email. Terimakasih atas perhatiannya

    • Saya juga perlu daun mimba segar atau kering untuk obat, apa bisa saya peroleh, kebetulan saya di bandung juga,

  126. pak saya petani dari banyuwangi, saya ingin menanam biji nimba untuk dipakai secara kelompok( poktan ). harga perkilonya berapa pak?
    dan mungkin jika bapak berkenan menjawab, saya juga mau bertanya tentang pemanfaatan daun2an yang lainnnya selain daun mimba, tetapi memiliki khasiat yang sama maupun hampir sama dengan daun mimba tersebut pak.

    Terima kasih sebelumnya pak.

    • Kepada Yth Bpk/Sdr Joko Hadi Purnomo
      balasan lebih lengkap mengenai mimba sudah kami kirim via email, sedangkan bahan pestisida nabati yang lain sedang kami kembangkan. Secepatnya akan dimuat di blog kami
      Terimakasih atas perhatiannya.

  127. Bapak,,kalau mau beli biji mimba nya ada dimana ya?
    Saya soalnya tinggal di Semarang.
    Saya butuh biji mimbanya untuk di jadikan bahan penelitian.
    Makasii

  128. Bapak,,kalau mau beli biji mimba nya ada dimana ya?
    Saya soalnya tinggal di Semarang.
    Saya butuh biji mimbanya untuk di jadikan bahan penelitian.
    Makasii

    • hmmmmm,,,kayaknya biji nimba, daun, maupun bagian lainnya dari nimba memang berfungsi sebagai pestisida nabatii…!!
      untuk apa diteliti lagi,,!!??kalau ingin meneliti silahkan cari bahan yang lainnya, karena masih banyak sekali jenis2 pestisida nabati yang belum terungkap secara gamblang,,,!!
      yang saya herankan kenapa kog kurang kreatif ya,,???

  129. Pak,,saya mau pesan biji mimba nya..
    Harga nya per kilo berapaan ya?
    Trus kalo di kirim langsung ke Semarang jadi berapaan harganya?
    Dan proses pengiriman uangnya bagaimana?
    Terimakasih

  130. Pak,,saya mau pesan biji mimba nya..
    Cara pemesanannya gimana ya dan harganya berapa?
    Saya tinggal di Semarang pak.
    Proses pengirimannya gmana ya pak?
    makasiii

    • Pak,,tolong di kirim keterangan nya tentang pemesanan dan harga dari biji mimba ke email de_wa200@yahoo.com ya.
      makasiii

      • Kepada Yth Ibu/Sdri Desty Ginting, balasan lebih lengkap sudah kami kirim via email. Terimakasih atas perhatiannya.

  131. maaf pak,,saya sudah cek email saya. tapi pesan dari bapak belum masuk..
    bagaimana ya pak??

  132. pak berapa harga biji mimba untuk ditanam dan berapa harga biji yang biasa (yang daya germinasi rendah) yang hanya untuk dibuat pestisidan alami, balasan dapat dikirim ke email saya : amanyauna@gmail.com, terima kasih

  133. mohon informasi saya memerlukan :
    1. minyak mimba/neem
    2. bibit atau biji mimba siap tanam
    harga per liter / perkilo , ongkos kirim dll

    terimakasih atas penjelasannya

  134. Saya petani Kopi di Takengon Aceh Tengah, setelah membaca berita diatas sepertinya saya pengen mencoba pohon Mimba sebagai tanaman pelindung di Kebun kopi. Bisakah saya memperoleh bibit mimba, berapa harganya, dan kapan saya bisa memperolehnya. Biayanya saya akan transper kemana. mohon infonya ya pak.

    Saya Petani Kopi di Takengon Aceh Tengah

    Ikasa putra

  135. dimana bisa mambeli daun mimba maupun biji mimba, serta berapa harga per kgnya. sekiranya ada yg bisa suplay rutin, insya Allah kantok saya.

    • Yth Bpk/Sdr Agus, balasan lebih lengkap sudah kami kirim via email. Terimakasih atas perhatianya

  136. Saya tinggal di Srono – Banyuwangi dan memerlukan bibit tanaman Mimba, mungkin bapak menyediakan Bibitnya yang sudah jadi dalam Polybag dan dapat menghubungi saya pada :
    Agus M. Cholik
    Hp. 08132918xxxx
    Email: agxxxxxxlik@yahoo.com

    Terima kasih.

  137. saya tertarik untuk mngembangkan tanaman mimba pak..
    mohon informasi tentang bibit mimba..
    kapan bisa pesan dan harganya berapa pak???
    maksih sebelumnya

  138. bapak yang terhormat saya mau pesan 2 kg bj mimba untuk bibt d lokasi sengon saya kira2 bisa ngga, bagaimana cara penanaman nya, berapa harga mhn info, saya da d kalimanatan tengah , sampit ,

  139. dengan hormat bisa minta no hp kalo bisa sms, nino hp saya 085252440xxx minta maaf pa, maklum sy org pedalaman kurang bisa buka internet, mohon info segera karena saya lg sangat perlu bj mimba nya, terima kasih

  140. selamat siang…
    saya tertarik dengan tanaman mimba,,,
    dan di salah satu bahan aktifnya ada yg di sebut azadiractin adalah sebagai obat cacing bagi pakan ternak.
    saya ingin mencobakan daun mimba ini sebagai bahan pakan pada ternak, krn alasan zat tersebut dan kandungan Protein Kasar daun tersebut juga cukup tinggi…
    namun apakah bapak bisa membantu saya tentang bahan aktif azadiractin tersebut berapa lama waktu yg dibuthkan utk bisa membasmi cacing2…??
    mungkin bapak bisa membantu saya…
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih mohon bantuannya :)

    • Balasan Ibu/Sdri hunny , Bpk/Sdr Ahmad Taufik , Bpk/Sdr Amri dan Bpk/Sdr Agus Cholik balasan sdh kami kirim via email. Demikian, terimakasih atas perhatiannya

  141. TERIMA KASIH INFORMASI YANG SANGAT INFORMATIF SEMOGA MENJADI ACUAN BAGI KITA SEMUA.
    MOHON INFO HARGA BIJI MIMBA UNTUK DITANAM BERIKUT PANDUAN BUDIDAYA NYA KAMI DI SULAWESOI SELATAN .
    TERIMA KASIH …BRAVO….PERTANIAN NABATI/ORGANIK.

  142. selamat siang
    mohon info harga daun nimba kering dan minyak nimba…
    trimakasih

  143. Selamat siang,
    Kami petani di daerah Bandung selatan sangat tertarik untukmengembangkan pertanian yang dikelola secara organik setelah membaca artikel tsb.
    Mohon Bpk dari BPT SITUBONDO dapat membantu kami untuk mendapatkan minyak mimba ataupun biji mimba
    Terimakasih balasan atas penjelasan dan informasinya.

    • Kepada Yth Bapak/Sdr Siswanto, biji mimba atau minyak mimba bisa diperoleh di BPT Situbondo. Rincian lebih lengkap kami kirimkan via email Bpk/Sdr. Demikia, terimakasih atas perhatiannya

    • kami tunggu informasinya , kami di alamat e mail : siswantodjbb@yahoo.com

      • Kepada YTh, balasan lebih lengkap utk Bpk Siswanto dan Bpk/Sdr Fadluzzmana sudah kami kirim via email. Terimakasih atas perhatiannya

  144. pak, kira-kira harga biji mimba dan daunnya berapa yaa? saya mau melakukan penelitian tentang biji mimba dan daunnya

  145. pak , saya mau tanya . kira-kira harga biji dan daun mimba berapa yaa?

    • Kepada Yth Ibu/Sdri Lian Ratna Sari, mohon maaf sebelumnya terlambat membalas. Rincian lebih lengkap mengenai mimba sudah kami kirim via email. Ibu/Sdri. Demikian terimakasih atas perhatiannya

  146. kunjungan siang hari ke BPT Situbondo. salam kenal dari THL TBPP Grabag pak..

    • Salam kenal kembali dari kami di Situbondo

  147. Yth. bpt situbondo

    Tolong diimail seputar budidaya mimba. Kapan bisa mendapatkan biji, gimana caranya. Tks.

  148. Pak/Bu di BPT Situbondo,
    Kami sangat tertarik dengan manfaat dari mimba. Untuk itu mohon diberikan informasinya mengenai:
    1. Cara mendapatkan biji ( dan harganya tentu )
    2. Cara budidaya

    Terimakasih

  149. salam..
    ada gk nama daftar pustakanya… soalnya di sini d buat cuma nama n tahun…

  150. boleh minta infonya pak ?
    saya tertarik menaman diluasan kecil

    mohamad.ashari@gmail.com

  151. Yth.Bpt situbondo

    saya mau beli biji mimba untuk diolah menjadi pestisida organik karna say petani organik dan juga untuk ditanam sebagai pelestarian dan penghijauan di kebun saya, untuk itu mohon informasi harga dan ongkos kirim ke pontianak kalimantan barat.

    informasi dapat ke email saya hery2organik@yahoo.com

    terimakasih sebelumnya
    salam
    heryanto

  152. BISA KIRIM BIBIT KE BOGOR DAN BERAPA HARGANYA? PER KG 087870626431

  153. Yth. Bpt situbondo
    Saya mau dapatkah saya membeli biji mimba? dan harga berapa?Bila posisi saya berada di daerah Semarang apakah biji mimba dapat dikirim melalui paket?

    Informasi mengenai pertanyaan saya mohon dapat di jawab di email saya:
    yaniseruni@yahoo.com

    terimakasih sebelumya

    yani

  154. assalamu’alaikum
    Saya Arif… saya di bekasi saya berkeinginan membeli benih/biji pohon mimba.
    Mohon harga perkilo-nya diberitahu dan apakah bisa dikirim melalui paket ke alamat saya…
    terima kasih

  155. Pak saya berminat untuk budidaya pohon mimba, bisa kah dikirim harganya dan biaya kirim ke kabupaten berau, kalimantan timur. kalo bisa diemail juga cara budidayanya. terima kasih.

    • Kepada Yth Bpk/Ibu/Sdr/ Sdri. Jawaban lebih lengkap mengenai biji mimba asal BPT Situbondo sudah kami kirimkan via email Demikia isampaikan, terimakasih atas perhatiannya

  156. pak saya berminat untuk budidaya mimba, saya sudah mengirim e-mail ke bpt tapi kok belum ada tanggapan. saya sholeh e-mail saya ibnu_latif09@yahoo.com . tlong konfirmasi bagaimana cara pemesanan biji atau bibit mimba dan berapa harganya, agar dapat saya gunakan untuk pestisida organik.
    terima kasih.

  157. Saya di Takengon Aceh, tertarik menanam tanaman mimba diantara kopi di kebun saya, kalau sekarang bisa nggak saya mendapatkan biji bibit mimbanya mohon infonya

  158. saya juga berlokasi di aceh, mau mencoba menanam mimba. sekarang apa bisa saya mendapat benih mimba? mhn info nya. tks.

  159. saya berminat dengan budidaya mimba juga, bagaimana saya dapat memperoleh bibitnya? terima kasih

  160. apakah mimba sama dengan mindi cina?
    kalo bukan apa nama lainnya?
    trimakasih.

  161. Saya Ariwibowo, Saya berminat untuk menanam mimba di Kota Padang Sumatera Barat, dimanakah saya bisa mendapatkan bibit/biji mimba, apakah BPT Sukarami Solok menyediakan? jika saya ingin memperolehnya dapatkah BPT Situbondo mengirimkan benih/biji Mimba via Pos atau Paket. terimakasih

  162. MOHON INFO HARGA BIJI MIMBA UNTUK DITANAM BERIKUT PANDUAN BUDIDAYA NYA

  163. Saya Yunita,saya tinggal di Surabaya.saya ingin menanam sendiri pohon mimba dirumah karena saya sedang mencoba berkebun sayur organik.yang saya ingin tahu:
    * berapa banyak jumlah minimal biji untuk bibit yang dapat saya beli untuk dipaketkan ke rumah saya?
    *bagaimana cara pemesanannya?
    *atau kalo sudah berupa bibit dengan tinggi 30cm berapa biayanya?
    terimakasih atas perhatian dan balasan BPT Situbondo

  164. Yth Bpk Ibu Sekalian, balasan lebih lengkap sudah kami kirim via email. Demikian, terimakasih atas perhatiannya

  165. mohon diemailkan cara ekstraksinya dan hasilnya seperti apa ( klau bisa ada gambarnya ), apakah bener bisa untuk mengusir nyamuk ??. Terima kasih.

  166. Yth babapk/ibu. saya butuh daun mimba yang sudah berbentuk serbuk kira-kira 250-500 gram untuk penelitian. kira-kira bisakah saya mendapatkannya? bagaimana cara mendapatkannya? saya perlu sekitar minggu ini. posisi saya di bandung. terima kasih..

    • Yth Ibu/ Sdri Intan Rizky Fitriya, daun mimba berupa serbuk belum bisa dipenuhi mengingant ketidaktersediaan alatnya. Sedangkan untuk bahan bakunya berupa simplisia kering daun mimba tetap tersedia. Kami pernah mencoba menumbuk daun mimba kering tersebut dengan mortar, tetapi hasilnya kurang begitu bagus. Demikian semoga menjadi bahan informasi, terimakasih atas perhatiannya.

  167. Yth Pengelola BPT Situbondo
    Saya Muhammad Najib (salah seorang pembina Pondok Pesantren DDI As-Salman Sulawesi Selatan) berminat untuk mengembangkan tanaman Nimba di Lokasi Pesantren kami. Untuk itu kami membutuhkan informasi tentang cara pemesanan biji, harga beserta ongkos kirimnya, termasuk (kalau berkenan) cara mengolahnya menjadi ekstrak Nimba

    • Yth Bpk/Sdr Muhammad Najib,
      Mimba untuk bahan bibit saat ini tidak bisa untuk dijadikan bahan bibit, karena biji mimba tidak tahan lama disimpan.Biji mimba untuk bahan bibit/perbanyakan bisa dipesan mulai Bulan Desember 2012 s/d Maret 2013. Sedangkan untuk bahan olahan mimba tetap tersedia dalam bentuk biji mimba kering, daun dan kulit batang. Demikian disampaikan terimakasih atas perhatiannya

  168. Yth BPT Situbondo
    salam kenal dan mohon saran dan bimbingannya
    Saya punya lahan di situbondo kec arjasa +/- 10 hektar dan saya ingin membudidayakan tanaman kayu industri seperti sengon, jabon atau sejenisnya mohon pencerahannya mungkin dari instansi ini menyediakan tenaga pembimbing dalam hal tersebut mohon infonya, dan kalau budidaya Mimba apakah bagus dan demand pasar masih banyak membutuhkan biji mimba untuk minyak neem ?
    terimakasih sebelumnya
    Eko

  169. Komplit gan infonya………tengs.

  170. Terimakasih info yang lengkap. tertarik karena ternyata di ArabSaudi dikenal Pohon Soekarno ya??? yang terkenal itu.

  171. Pak, mumpung ini bulan november (mudah2an mimbanya berbuah), saya mau pesan biji mimba. Berapa minimal pesan dan harganya pak?

    • Saya juga menunggu infomasi yang sama dengan Bapak Teguh, sekarang sudah awal bulan Januari, mohon info lengkap dari BPT Situbondo untuk; apakah seed mimba sudah bisa dipesan?, minimal pemesanan, harga + ongkir, berikut prosedur pemesanannya. Terima Kasih.

    • Biji mimba untuk bahan bibit sudah tersedia, harga per kg nya Rp 50.000,- (maaf tidak termasuk bea kirim). Minimal pembelian ; 1 kg. Untuk detail produk spt persentase tumbuh, jumlah biji per gr dll bisa email ke bpt_situbondo@yahoo.co.id atau situbondo.bpt@gmail.com

  172. say mahasiswa dari medan membutuhkan simplisia daun kering dr mimba..mohon infonya k email saya..thx

  173. Yth. BPT Situbondo

    Salam sejahtera
    saya elis mahasiswa samarinda memerlukan biji mimba untuk bahan penelitian.
    Mohon informasi harga dan pengirimannya.

  174. Pohon ini yg disarankan Pak Mamik (KaProdi MA UMA) buat pohon peneduh di tempat parkir MB. Kebetulan dia org biologi (sesuai saran Pak Azam supaya tanya ke org biologi). Kayaknya di Kebun Raya ada jual bibit na Bu. Nuhun

    Yudi

  175. Yth. Bpt Situbondo
    Bapak saya dari Bali membutuhkan bibit biji mimba , mohon bantuannya untuk dapat menyediakan sebanyak 1 kg, mohon konfermasi Harga dan ongkos Kirim ke saya dengan nohp : 085238481143

  176. Yth bpk di BPT Situbondo,
    Saya butuh 1 kg biji mimba. Berapa saya harus transfer dan kemana. Apakah BPT juga jual bibit mimba yg siap tanam?
    Saya bisa di hubungi di 0813 3635 2211 atau 0823 1100 3344.
    Terima kasih.

    • Biji mimba yang tersedia saat ini tidak kami sarankan untuk diperbanyak/bahan bibit karena daya kecambahnya sangat rendah, hanya berkisar 5-10% saja. Selama ini kami tidak mengirim sendiri bibit pohon mimba, hanya bahan baku berupa biji mimba. Pemesanan biji mimba dengan daya kecambah 80-90% bisa dipesan pada saat pohon mimba di tempat kami berbuah, yaitu mulai Desember 2013 s/d Feb-Maret 2014. Yang tersedia saat ini adalah biji mimba kering yang sudah dikupas kulit bijinya (untuk bahan ekstrak, bahan herball dll), daun, kulit batang dan simplisia keringdaun mimba. Demikian disampaikan, terimakasih atas perhatiannya

  177. Yth. BPT Situbondo
    Saya Antonius Di Bandar Lampung.
    Saya sangat tertarik dengan mimba dan bermaksud membudidayakannya. Mohon informasinya selengkapnya beserta prosedur pemesanan.
    Terima kasih.

    • Biji mimba untuk bahan bibit/untuk diperbanyak sebaiknya dari biji yang baru dipanen, di tempat kami biji mimba tsb sudah berumur lebih dari 3 bulan dgn daya kecambah berkisar 5-10% saja. Pemesanan biji mimba untuk bahan bibit/perbanyakan bisa dipesan mulai akhir tahun 2013 s/d Februari-Maret 2014 dimana pada saat itu biji mimba ditempat kami sudah berbuah. Terimakasih atas perhatiannya

  178. saya ingin memesan daun mimba untuk keperluan skripsi, kira2 harga nya berapa ya? dan bagaiman cara memesannya terima kasih

  179. Yth Bpt Situbondo,
    dimana mendapatkan Biji/benih mimba di sekitar surabaya ?
    Terima Kasih,
    Agus

  180. Pak saya butuh bibit mimba ukuran 25 cm up kalo ada tolong hubungi saya di 081330202029….dgn pak sandi kami perlu banyak 30 – 40 ribu batang

  181. Bismillah.
    Pak bisa kirim cara extraksi biji & daun. Kmudian aplikasi budidaya mimba ke email sy.
    Harap Konfirmasi stlah email dkirim ke no ini 081313973459.
    Terima kasih.
    Hasan ginawan

  182. saya tertarik untuk segera membudidayakan mimba di tempat kami, mohon informasi ketersediaaN BIBIT/BIJI nya ya, sekalian ongkos kirimnya ke solo, maturnuwun

    • Kenapa belum ada respon dari BPT Situbondo ya?

  183. Saya tertarik untuk mengembangkan tanaman mimba ini bagaimana caranya saya bisa mendapatkan bibit mimba tersebut. Terima kasih atas info yg diberikan

  184. Tolong sy dikirimkn cr ekstraksi&aplikasi tanaman mimba,sy jg ingn mdptkan info&cr pmesanan bi2t ny,tlg dkrmkan ke email sy Rubenhenry66@yahoo.com,trmaksh….

  185. terimakasih atas penjelasannya! dipematang masih ada 1 pohon tersisa! sekrg mngkin mulai bermanfaat

  186. aya tertarik untuk mengembangkan tanaman mimba ini bagaimana caranya saya bisa mendapatkan bibit mimba tersebut. Terima kasih atas info yg diberikan

  187. Saya tertarik untuk mengembangkan tanaman mimba di Maluku Tenggara, bagamn cara mendapatkan biji mimba segar yang dapat dijadikan benih tanam, thnks

  188. apakah mimba sama dengan mahoni???

  189. apakah bisa unuk mengendalikan hama rayap tanah pada tanaman cengkeh??

  190. mohon informasi mengenai harga bibit biji dan tanaman mimba. Terimakasih.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: