Oleh: bpt situbondo | 22 Mei 2008

Kebun Mente (Cashew Nut Plantation, II-finish)


Kendala dan Permasalahan

Kendala Fisik

Kendala Fisik yang dimaksud adalah kondisi iklim dan cuaca yang tidak menentu dan sulit untuk diprediksi. Jambu mente (Anacardium accidentale) sebenarnya dapat tumbuh baik di daerah kering dan tandus, namun supaya hasilnya dapat menguntungkan secara ekonomis diperlukan cara Budidaya tanaman yang baik. Kebun mente yang berada di Arjasa tersebut sebenarnya berbunga banyak dan cukup baik, tetapi jika curah hujan yang tinggi pada akhirnya banyak bunga/bakal bunga yang berguguran atau terjadi kegagalan penyerbukan. Grafik Curah hujan sejak tahun 2001 – 2005 menunjukkan keadaan curah hujan yang sering berubah tiap tahunnya. Waktu panen mente yang sering berubah atau tidak menentu pada akhirnya mempengaruhi harga jual biji mente. Karena pada saat – saat tertentu (seperti Lebaran, Natal, Imlek atau saat pergantian tahun) biji mente mempunyai harga jual cukup tinggi karena permintaan pasar yang besar.

Kendala Biologis

Kendala – kendala biologis yang termasuk disini adalah faktor tanaman dan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) termasuk gulma. Kurangnya pemeliharaan dan perawatan mengakibatkan pertumbuhan tanaman menjadi terganggu, produktivitas rendah dan rentan terhadap serangan hama penyakit.

Bunga Mente

Walaupun keberadaan hama dan penyakit dikebun ini bukan merupakan hama penyakit penting yang biasa menyerang tanaman mente (Semangun,1989), namun dapat menyebabkan kerusakan pada biji mente karena dapat menyebabkan rontoknya buah mente muda serta mengganggu proses pembentukan buah sehingga menurunkan kualitas biji mente. Biji menjadi berkerut, ukurannya tidak optimal atau menyebabkan adanya bercak hitam pada biji sehingga harga jual biji mente menjadi rendah.

Penggunaan pupuk yang tepat dan teratur dapat mengurangi kerugian yang timbul akibat serangan hama, karena bunga yang berpotensi menjadi buah akan semakin banyak.

Buah mente muda

Kupu – kupu putih

Akibat serangan Kupu – kupu putih

Kepik Leptocoryxa spp (Fam.Hemiptera)

Akibat Serangan Hama Kepik Hemiptera

Serangan Kumbang Perusak tunas bunga dan buah Mente

Serangan Penyakit Busuk Kering

Kerusakan pada Biji Mente yang timbul karena serangan Hama dan atau karena Gugur Muda

Kendala Lainnya

Selain kendala – kendala tersebut, masih terdapat kendala yang terjadi karena adanya interaksi dengan warga sekitar kebun mente. Sebagaimana diketahui, sebagian besar masyarakat di sekitar kebun mente memiliki hewan ternak, oleh sebagian dari mereka kebun mente ini dijadikan tempat untuk mencari rumput, mengembalakan ternaknya (terutama kambing) mencari kayu bakar serta mengambil kulit kayu mente.

Warga yang sekedar mencari rumput atau mencari kayu bakar sebenarnya tidak secara langsung mengganggu tanaman mente, lain halnya dengan warga yang mengambil kulit kayu mente. Aktivitas ini jelas sangat merusak tanaman mente, karena akan menurunkan produktivitas bahkan bisa mematikan tanaman mente itu sendiri. Karena bekas sayatan kulit kayu pada batang pohon mente menjadi jalan masuk serangan rayap. Ada sekitar 8 (delapan) pohon mente yang diambil kulit kayunya, 1 (satu) pohon diantaranya sudah mati diserang rayap.

Pohon Mente yang dikelupas kulit batangnya

Bekas Sayatan Kulit Kayu Mente mulai diserang rayap

Kondisi tanah yang berat dan labil juga mempengaruhi perkembangan tanaman mente. Pada musim kemarau lahan kebun menjadi retak atau pecah sangat menyulitkan apabila nantinya akan diadakan penyiraman. Oleh karena itu waktu yang paling tepat untuk mengadakan pemupukan di lahan seperti ini adalah pada saat akhir musim hujan

Walaupun Tanaman Mente dapat tumbuh baik di daerah kering dan gersang, penggunaan pompa air dapat membantu jika dalam masa pembungaan terjadi keadaan iklim yang terlalu kering.

Demikian deskripsi mengenai keadaan kebun mente yang berada di Desa Lamongan Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo, semoga menjadi bahan informasi.

About these ads

Responses

  1. ini aidil yang dari bptp jombang, apa kabar BPT. semoga tetap jaya

  2. Halo Pak Aidil,kita org daerah terpencil ingin sekali dikunjungi langsung sama Bapak-bapak dari Jakarta
    Terimakasih atas perhatiannya

  3. Senang sekali mengetahui kalau mente ditanam juga secara serius di Jawa Timur, karena saya rupanya salah persepsi, selama ini saya pikir hanya NTT dan Sulawesi tenggara saja yg banyak mentenya. Kalau ada teman2 yang tahu bibit yang baik utk mente, mohon dibantu informasinya dimana saya bisa beli. saya ingin mencoba menanam mente di Jatim. terima kasih.

    Salam

    Donny Makalew

    • Senang sekali mengetahui kalau mente ditanam juga secara serius di Jawa Timur, karena saya rupanya salah persepsi, selama ini saya pikir hanya NTT dan Sulawesi tenggara saja yg banyak mentenya. Kalau ada teman2 yang tahu bibit yang baik utk mente, mohon dibantu informasinya dimana saya bisa beli. saya ingin mencoba menanam mente di Jatim. terima kasih.

      Biji mente untuk benih bisa diperoleh di BPT Situbondo, untuk deskripsinya bisa dilihat di tulisan kami mengenai kebun mente

  4. Mohon pendapat apakah kalau kita ingin menanam mente dalam skala komersil yang besar , misalnya pada areal 500 sampai dengan 1000 hektar, apakah hasilnya cukup menguntungkan ?? bagaimana kalau dibandingkan dengan kebun kopi mana yang lebih menguntungkan secara komersil ? mohon pendapat teman2.

    Terima kasih.

    • Pemeliharaan dan perawatan yang intensif sejak menyebabkan tanaman mente sampai umur 3-4 tahun dpt memberikan hasil 2,8- 3 kg buah/pohon atau sekitar 1 kg biji mente. Jika seandainya harga biji mente saat ini Rp.50.000,-/kg nya, maka per hektarnya (jika jumlah tanaman adalah 400, dgn jarak tanam intensif 5X5 m) adalah 400 X 50000 adalah Rp 20.000.000,- Setelah melewati fase kritis (umur 2-3 tahun), mente tidak terlalu memerlukan perawatan/pemeliharaan yg intensif (dgn kata lain biaya operasional berkurang) dan produksi buah/biji terus meningkat sampai umur 15-20 tahun.
      Perlu diketahui, harga mente tiap tahun selalu naik (bahkan sejak krisis ekonomi 1998, permintaan mente tetap tinggi). Bandingkan dgn harga komoditi lain (misalnya kopi,kakao dst) yg sering berfluktuasi tiap tahunnya. Mente dpt tumbuh di daerah marginal,beriklim kering dan berbatu, selain itu produk lain yg mempunya nilai ekonomi tinggi adalah CNSL (Cashew Nut Shell Liquid), buah semu mente, kulit kayu pohon mente bahkan pucuk daun mente. Demikian semoga menjadi bahan informasi

      • mohon informasi dimana bisa diperoleh bibit2 unggulan jambu mente ?

        terima kasih.

        salam Donny makalew

      • Maaf Pak Donny, kami tidak mempunyai informasi tersebut. jambu mente yg ditanam di bpt situbondo sendiri merupakan bibit unggul hasil introduksi dari srilangka.Demikian,terimakasih atas perhatiannya.

  5. Apa kabar nih, Salam untuk sobat-sobatku semuanya disini, Kami terkejut dipagi ini ada “sinar terang” yang menyilaukan pikiran dan hatiku di ujung timur Jatim.
    Maka mengingatkan aku selama dimana hampir 2 windu yang lalu. Dikala malam yang sunyi, namum deru kendaraan- kendaraan besar yang berganti bersambungan hingga pagi hari.
    Wah, Benar-benar mengikuti perkembangan teknongi dan membuka mata kita.
    Tolong lengkapi dengan profil Kopi Arabika Rakyat nya dong, kami tunggu !!! Wassalam


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: